Politikus PDIP: Jokowi dikelilingi banyak 'Brutus'

Sabtu, 7 Februari 2015 11:16 Reporter : Laurel Benny Saron Silalahi
Politikus PDIP: Jokowi dikelilingi banyak 'Brutus' Masinton Pasaribu. ©2015 Merdeka.com/Twitter @Masinton

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo dinilai gagal dalam memimpin negara setelah 100 hari menjabat sebagai orang nomor 1 di Indonesia. Sekjen Partai Amanat nasional (PAN) Taufik Kurniawan mengatakan, 100 hari kinerja Presiden adalah merupakan tolok ukur pemerintah dalam 5 tahun ke depan.

"Usia pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mencapai 100 hari. Dari situ menjadi tolak ukur bagi masyarakat untuk menilai," kata taufik dalam diskusi 'Banyak Pilihan untuk Jokowi' di Warung Daun Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/2).

Menurut Taufik, di usia yang ke 100 hari, Jokowi dinilai masih gagal dalam mengolah pemerintahannya. Hal itu terlihat saat Jokowi tak bisa mengambil ketegasan untuk menyeselesaikan polemik antara KPK-Polri.

"Masih perlu adaptasi terkait kondisi ekonomi sosial. Sekarang lebih banyak disibukkan dengan isu politik antara KPK dan Polri, dan Jokowi pun belum mengambil tindakan tegas," ujar Wakil Ketua DPR ini.

Berbeda dengan Taufik, Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menilai sikap Presiden Jokowi untuk menyelesaikan masalah KPK-Polri sangatlah tegas. Menurutnya, pembentukan tim independen adalah salah satu ketegasan Jokowi.

"Saya yakin beliau tegas ini masalah waktu aja. Tapi kan masayarakat tidak melihat dinamika istana dan parlemen, sehingga tidak bisa langsung mempercepat masalah ini," katanya.

Masinton menuturkan, kekurangan Jokowi adalah tidak mempunyai orang kepercayaan di dalam pemerintahnya. Dia melihat, banyak elite di pemerintahan yang berusaha menjatuh Jokowi.

"Presiden ini orang baik, sayangnya tidak memiliki orang kepercayaan. Saya lihat sekeliling Pak Jokowi banyak Brutus-Brutus, yang akan menjadi penyakit akut yang lama-lama bisa membunuh Jokowi. Lingkungan itu mempengaruhi," tandasnya.

Tetapi Masinton tidak menjelaskan lebih lanjut siapa yang disebutnya sebagai Brutus tersebut. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini