Politikus Gerindra Ceritakan Detik-Detik Terjebak di Lift DPR & Meluncur ke Lantai 13

Jumat, 10 Desember 2021 19:29 Reporter : Ahda Bayhaqi
Politikus Gerindra Ceritakan Detik-Detik Terjebak di Lift DPR & Meluncur ke Lantai 13 evakuasi anggota DPR terjebak lift. ©2021 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Darori Wonodipuro menceritakan detik-detik lift yang ditumpanginya di gedung Nusantara I DPR RI mengalami kerusakan. Darori menuturkan, lift tersebut merosot dengan cepat dari lantai 21 ke lantai 13. Awalnya dia tidak tahu sudah berada di lantai 13.

"Tahu-tahu turun dari lantai 21 beberapa detik grek grek grek lost ke bawah sampai lantai 13," kata Darori saat dihubungi, Jumat (10/12).

Menurut Darori, saking cepatnya, tubuhnya bisa menghujam bagian atas lift tersebut. Namun, karena ada pegangan, dirinya tidak sampai terpental.

"Cepat, dan itu ada besi pegangan, kalau ada pegangan bisa terlepas ke atas ke kepala," ucapnya.

Saat lift itu rusak, lampunya pun mati. Sehingga kondisi ketika itu gelap gulita. Darori mengaku saat itu sempat pengap karena kekurangan udara.

Darori akhirnya bisa keluar setelah menggedor pintu lift. Pintu itu kemudian dicongkel ditarik keluar. Darori bersama seorang staf anggota DPR dan Pamdal berhasil dikeluarkan kurang dari lima menit

"Lima menit, karena ini hari kerja. Coba bukan hari kerja enggak ada yang kawal turun lalu jlek, siapa yang mau buka kan kantor sepi. Tapi ini kejadian abis Jumatan," ujarnya.

Darori pun mendorong lift tersebut diganti jadi yang baru. Supaya kerusakan seperti hal yang ia alami tidak terulang.

"Jangan sampai kejadian seperti ini terulang, kalau udah gini liftnya jangan dipelihara tapi diganti lah yang baru," katanya.

2 dari 2 halaman

Lift Layak Beroperasi

Lift di Gedung Nusantara I DPR RI berhenti mendadak. Tiga orang terjebak di dalam lift. Salah satu di antaranya adalah anggota DPR RI Fraksi Gerindra Darori Wonodipuro. Dua lagi adalah seorang staf anggota DPR dan Pamdal DPR.

Menurut Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar peristiwa terjadi sekitar pukul 13.00, Jumat (10/12). Lift nomor P3 yang sedang turun dari lantai 21, mendadak berhenti di lantai 13. Posisi lift berhenti tidak setara dengan lantai.

"Anggota naik dari lantai 21 lift berjalan normal namun di lantai 13 terjadi trip inverter, sehingga lift berhenti dan tidak level," kata Indra kepada wartawan, Jumat (10/12).

Lift tersebut berhenti selama kurang lebih tiga menit. Indra mengatakan, lift tersebut sudah bersertifikat layak fungsi dari Kementerian Ketenagakerjaan.

"Info dari Pamdal yang mendampingi di dalam lift kisaran selama kurang lebih 3 menit. Lift sudah bersertifikat laik fungsi dari Menakertrans," ujar Indra.

Tiga orang yang terjebak sudah berhasil keluar. Lift juga telah diinspeksi kembali mencegah peristiwa serupa terjadi.

"Sementara sudah dilakukan inspeksi terhadap inverter lift dimaksud dan antisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa," kata Indra. [gil]

Baca juga:
Anggota DPR dari Gerindra Terjebak Lift Macet di Gedung Parlemen
Jokowi Perintahkan Menkominfo Tuntaskan RUU PDP Bersama DPR
DPR Tanggapi Pemerkosaan 12 Santri: Kemenag Hati-hati Beri Izin Lembaga Pendidikan
Pansus Paparkan Sejumlah Fokus Pembahasan RUU Ibu Kota Negara
Nasib Jakarta Setelah Tidak Menjadi Ibu Kota

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. DPR
  3. Gerindra
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini