KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Politikus Demokrat: Menpora harus cek izin event tinju di Nabire

Senin, 15 Juli 2013 16:37 Reporter : Agib Tanjung
Ilustrasi. ©2013merdeka.com/m. luthfi rahman

Merdeka.com - Politikus Demokrat Hayono Isman menegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo harus mengecek izin pertandingan tinju di Nabire yang berakhir dengan kerusuhan. Akibat kerusuhan itu, 18 orang tewas dan 34 lainnya luka.

"Menpora perlu mengecek mengapa izin itu diberikan kepada penyelenggara, di lokasi itu yg hanya ada satu pintu. Tidak hanya sekadar lisensi bagi promotor tapi juga lokasinya," ujar Hayono Isman yang juga anggota Komisi I DPR RI di Komplek Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (15/7).

Menurut Hayono, meski amatir, tetap saja pertandingan tinju tersebut mesti merujuk pada peraturan yang berada. Sebab, Hayono mengatakan, kejadian itu tak lazim pada pertandingan tinju.

"Karena olahraga tinju sudah ada aturannya, baik di dalam ring maupun di luar ring. Apalagi tinju amatir, ada aturan-aturan yang mengaturnya. Harus mengambil langkah-langkah untuk mengetahui kenapa sampai terjadi. Karena ini tidak lazim ada kejuaraan tinju yang menjadi korban penonton," kata Hayono.

Hayono menuturkan, penyelenggara atau panitia pertandingan tinju Bupati Nabire Cup itu harus bertanggung jawab.

"Ini menjadi tanggung jawab penyelenggara. Ini menyangkut bukan hanya keselamatan petinju, tapi juga penonton. Yang harus tanggung jawab adalah penyelenggara," tegas Hayono.

Seperti diketahui, pada hari Minggu 14 Juli sekitar pukul 22.00 WIT di GOR Kota Lama, Nabire terjadi insiden keributan antar-suponer pada pertandingan tinju Bupati Nabire Cup. Keributan dipicu oleh kekesalan pendukung petinju Yulianus Pigome (Sasana Mawa, koordinator Alipin Pigai, suku Mee) yang kalah angka atas Alpius Rumkoren (Sasana Persada, Koordinator: Maran, Suku Biak).

Suporter saling berkelahi pada saat penyerahan hadiah yang mengakibatkan kepanikan di antara para penonton, dan berebut keluar gedung. Akibat kejadian tersebut, 18 orang meninggal, 11 wanita dan 7 laki-laki.

Sebagian besar tewas terinjak-injak akibat berebut keluar dari GOR. Korban saat ini berada di Kamar Jenazah RS Nabire. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Nabire Rusuh
  2. Roy Suryo

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.