Polisi Tetapkan Tersangka Perusakan Hutan Gunung Lawu

Selasa, 21 Januari 2020 14:08 Reporter : Arie Sunaryo
Polisi Tetapkan Tersangka Perusakan Hutan Gunung Lawu Tersangka Perusakan Hutan Lawu. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Polisi menetapkan seorang tersangka dalam kasus perusakan hutan di petak 42-5 RPH Tlogodlingo, di Lereng Gunung Lawu, 3 Januari lalu. Tersangka ST alias GDR (46), warga Tlogodlingo, Desa Gondosuli Tawangmangu. Saat ini tersangka diamankan di Mapolres Karanganyar.

"Kemarin sempat beberapa kali viral, ada beberapa pohon yang tumbang dan tanah yang tergerus. Kemudian kita lakukan penyelidikan, kurang lebih 3-4 hari kita kumpulkan bukti-bukti. Antara lain senso (gergaji mesin), beberapa batang kayu yang tertimbun tanah dan handphone. Salah satu tersangka yang kita periksa atas nama ST alias GDR. Dia merupakan salah satu yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatan di satu hutan kawasan Lawu," kata Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi, Selasa (21/1).

Dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara intensif untuk memastikan bahwa tindak pidana yang dilakukan tersangka tidak terulang. Dia menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka mengakui tidak meminta izin Perhutani sebelum perobohan pohon.

"Jadi tersangka ini tidak melalui prosedur yang benar. Izin dari Perhutani belum turun, tapi sudah dirobohkan. Ada 8 pohon pinus yang ditebang," katanya lagi.

Baca Selanjutnya: Atas perbuatannya tersebut tersangka dijerat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini