Polisi Tetapkan 2 Orang Tersangka Penggelapan Dana Nasabah KSP Sejahtera Bersama

Rabu, 5 Oktober 2022 20:53 Reporter : Merdeka
Polisi Tetapkan 2 Orang Tersangka Penggelapan Dana Nasabah KSP Sejahtera Bersama Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Penyidik Tipideksus Bareskrim Polri menetapkan Ketua Pengawas dan Anggota Pengawas Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama berinisial IS dan DZ sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana nasabah senilai Rp 249 miliar.

Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan mengungkapkan, penetapan tersangka terhadap IS dan DZ dilakukan setelah melalui proses pemeriksaan para saksi dan sejumlah barang bukti.

"IS dan DZ ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana perbankan dan money laundering atau tindak pidana pencucian uang dari dana anggota Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama senilai Rp 249 miliar," ungkap Brigjen Whisnu Hermawan dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

2 dari 2 halaman

Whisnu menambahkan, tim penyidik juga bekerja sama dengan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri aliran dana KSP Sejahtera Bersama di Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

"Total dana anggota yang dikelola nilainya mencapai Rp 6,7 triliun dan kita bekerjasama dengan PPATK untuk menelusuri aliran dana tersebut. Selain itu, penyidik juga menelusuri aset-aset milik KSP Sejahtera Bersama dan dilakukan penyitaan dokumen untuk kepentingan penyidikan," jelas dia.

Aksinya terbongkar setelah pihak koperasi simpan pinjam tempatnya bekerja menemukan puluhan dokumen pinjaman nasabah yang pembayarannya tidak mengalir ke kantor.

Sumber: Liputan6.com/Fachrur Rozie [ded]

Baca juga:
Bendahara Desa Pangaur Bogor Bawa Kabur Uang BLT hingga Gaji Pegawai Rp405 Juta
Dirut Asuransi Kresna Life Ditetapkan Jadi Tersangka TPPU
Buntut Penetapan Tersangka, Istri Eks Menteri ATR Laporkan Dirtipideksus ke Ombudsman
Jessica Iskandar Datangi Polda Bali, Serahkan Barang Bukti Kasus Penggelapan Mobilnya
Polri Serahkan Tersangka dan Barang Bukti Kasus Indosurya ke Kejari Jakbar
Hakim PN Jaksel Tolak Gugatan Praperadilan Tersangka Kasus Penipuan Wanaartha Life

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Penggelapan
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini