Polisi Tetapkan 10 Tersangka Kerusuhan di Deiyai Papua

Selasa, 3 September 2019 14:14 Reporter : Merdeka
Polisi Tetapkan 10 Tersangka Kerusuhan di Deiyai Papua Brigjen Dedi Prasetyo. ©2018 Liputan6.com/Nafiysul Qodar

Merdeka.com - Polisi menetapkan 10 orang sebagai tersangka kerusuhan yang terjadi di Deiyai, Papua. Mereka diduga sebagai provokator, termasuk pelaku perampasan senjata api aparat.

"Untuk Deiyai 10 orang (tersangka)," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/9).

Dedi menyebut, kini jumlah total tersangka keseluruhan di Papua sebanyak 48 orang. Sementara di Papua Barat sebanyak 20 tersangka.

"Untuk Jayapura 28, kemudian Timika 10, untuk Deiyai 10. Papua Barat masih tetap, di mana Manokwari 8, Sorong 7, dan Fakfak 5," jelas Dedi.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua, Kombes Tony Harsono menyebut, ada enam korban meninggal saat kerusuhan di Deiyai, Papua. Menurut Tony, lima korban di antaranya diduga sebagai pengunjuk rasa, sedangkan satu korban lainnya adalah personel TNI. Mereka diduga tewas setelah aksi perampasan 10 senjata api milik TNI AD.

"Memang ada lima warga sipil yang meninggal pascademo di Deiyai, Rabu (28/8) yang berakhir rusuh dan diduga terjadi setelah pendemo merampas 10 pucuk senpi hingga menewaskan satu anggota TNI AD," ungkap Tony.

Tony menambahkan, sempat terjadi kontak tembak setelah senpi milik TNI dikuasai pendemo dan diduga kemungkinan ada warga sipil yang terkena tembakan.

Ia menuturkan, awalnya aksi demo yang dilakukan 100 warga di Deiyai berlangsung aman. Tetapi, tiba-tiba ribuan datang dan ada yang langsung menyerang aparat keamanan serta mengambil senjata api. "Akibatnya, kontak senjata tidak dapat dihindari hingga jatuhnya korban jiwa," kata Tony Harsono.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini