Polisi Terima Satu Pucuk Senpi Laras Pendek Jenis FN dari Warga Nabire

Rabu, 6 Januari 2021 09:43 Reporter : Nur Habibie
Polisi Terima Satu Pucuk Senpi Laras Pendek Jenis FN dari Warga Nabire Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolres Nabire AKBP Kariawan Baru menerima satu pucuk senjata api (senpi) dari masyarakat. Penyerahan senpi laras pendek jenis FN nomor seri 871072 dilakukan di Distrik Nabire, Kabupaten Nabire.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpaw mengatakan, penyerahan satu pucuk senpi ini dilakukan pada 13 November 2020 lalu.

"Kejadian bermula ketika maraknya informasi bahwa ada peredaran senjata api di kalangan masyarakat pedalaman baik dari Kabupaten Paniai ataupun dari Kabupaten Intan Jaya di mana diduga senjata api tersebut dibawa dari luar Kabupaten Nabire oleh orang tertentu," kata Paulus dalam keterangannya, Rabu (6/1).

Berdasarkan informasi tersebut, Kapolres Nabire AKBP Kariawan Barus langsung melakukan langkah-langkah antisipasi dengan melakukan penggalangan terhadap Tokoh-tokoh Masyarakat dan Kepala Suku untuk dapat memberikan informasi apabila terjadi jual beli senjata api dan amunisi.

"Serta masyarakat yang tergabung dalam jaringan Kelompk KKB yang ada di Kabupaten Paniai dan Kabupaten Intan Jaya untuk mau menyerahkan senjata api hasil rampasan maupun yang dibeli," ujarnya.

Dari hasil penggalangan tersebut, seseorang pun datang dan langsung melakukan penyerahan satu pucuk senjata api kepada Polres Nabire.

"Selanjutnya seorang masyarakat yang tidak dikenal menyerahkan 1(satu) pucuk senjata api laras pendek jenis FN Nomor Seri: 871072 untuk diamankan. Senjata api yang diserahkan dalam keadaan utuh tanpa amunisi," tutupnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini