Polisi Tangkap Terduga Copet saat Jokowi Blusukan di Pasar Peterongan Semarang

Rabu, 6 Juli 2022 16:42 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Polisi Tangkap Terduga Copet saat Jokowi Blusukan di Pasar Peterongan Semarang Ilustrasi borgol. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Polisi mengamankan pelaku pencopetan dompet wartawati magang televisi swasta saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pasar Peterongan Semarang, Selasa (5/7). Polisi terus mengembangkan kasusnya dengan mengecek keberadaan CCTV di lokasi pasar.

"Pelaku warga Demak sudah diserahkan ke Polsek. Kami masih kembangkan dengan memeriksa bukti lain. Orang yang dicurigai diamankan tanpa ada barang bukti tersebut beraksi di kompleks pasar atau di luar," kata Kanit Reskrim Polsek Semarang Selatan AKP Rismanto.

Dia menjelaskan dari hasil pemeriksaan sementara pelaku ini sengaja datang dari Demak ke Pasar Peterongan hanya ingin bertemu Jokowi saat kunjungan di Semarang. Saat kunjungan ke Pasar Peterongan, banyak wartawan yang meliput dan diketahui dompet yang berada di dalam tas hilang.

"Korban sudah datang ke Polsek buat surat kehilangan bukan laporan, dan kebetulan tasnya sobek dompetnya hilang," ungkapnya.

Namun yang menjadi persoalan apakah dompet tersebut hilang saat meliput Presiden atau sebelum melakukan peliputan, korban mengetahui dompetnya hilang setelah meliput Jokowi.

"Kebetulan dari petugas Satpol PP bilang orang itu tadi di sana. Orang itu adalah orang yang dicurigai di sana dan diamankan Satpol PP lalu diserahkan Polisi," ujarnya.

Menurutnya, Satpol PP tersebut tidak melihat langsung orang yang dicurigai tersebut mencopet korban. "Jadi petugas itu hanya mengetahui orang yang dicurigainya berada di belakang korban," jelasnya.

Saat ini penyidik terus mengintrogasi terduga pelaku tersebut. Bahkan terduga pelaku tidak tahu permasalahannya ketika diamankan oleh penyidik.

"Karena kejadian ini tidak ada yang melihat dan korban tidak bisa menerangkan apakah kejadian ini saat ekspose Jokowi atau saat belum," tuturnya.

Dikatakannya, saat ini terduga pelaku masih diamankan di Polsek Semarang Selatan. Pihaknya belum memilik dasar untuk melangkah lebih lanjut.

"Selain belum ada laporan dari korban dan jika orang ini dikatakan pelaku belum kuat," jelasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy mempersilakan korban melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisi terdekat. Hal ini bertujuan agar kasus tersebut bisa segera terungkap.

"Sisi pengamanan di pasar Peterongan benar-benar steril. Tapi karena kejahatan salah satu faktornya adalah niat, kesempatan, peluang, jadi pelaku memanfaatkan situasional dan waktu kegiatan disaat krodit," ujarnya.

Polisi mendalami kejadian tersebut. Pihaknya akan memetakan kejadian itu. "Kami akan dalami dan petakan. Yang pasti kalau dia kecopetan segera laporkan," tandasnya. [cob]

Baca juga:
Bukan Sedih Ibu Ini Malah Tertawa Geli Kecopetan, Pelaku Bisa Kaget Lihat Barangnya
Usai Copet HP di Bar Kuta, Residivis Lintas Jawa-Bali Ditangkap Polisi
Detik-Detik Aksi Copet di Tuban Terekam CCTV, Gagal Curi Tas Korban Diteriaki Warga
YouTuber Alman Ungkap Copet Berkedok Pengemis di Mekkah 'Hati-hati Para Jemaah'
Aksi Pencopet Todongkan Sajam di dalam Bus Transjakarta, Bikin Panik Penumpang
Kronologi Aksi Diduga Pencopet Todong Sajam di Transjakarta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini