Polisi Tangkap Buronan Kerusuhan Papua 2019 Victor Yeimo

Minggu, 9 Mei 2021 19:55 Reporter : Bachtiarudin Alam
Polisi Tangkap Buronan Kerusuhan Papua 2019 Victor Yeimo Victor Yeimo alias Victor Frederik Yeimo. ©2021 istimewa

Merdeka.com - Satgas Nemangkawi menangkap Victor Yeimo alias Victor Frederik Yeimo. Victor merupakan buronan kasus kerusuhan di Papua tahun 2019 lalu.

"Ditangkap hari ini 9 Mei 2021 jam 19.15 WIT di Jayapura," kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudussy kepada merdeka.com, Minggu (9/5).

Iqbal menjelaskan Victor masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 2019 lalu. Pelaku memiliki peran melakukan gerakan makar maupun menyiarkan berita atau informasi yang berpotensi memicu keonaran di masyarakat.

"Kejahatan terhadap keamanan negara atau makar dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau tidak lengkap," kata dia.

Selain itu, Iqbal menyebut bahwa sosok Victor juga turut terlebat dalam gerakan yang sebagaimana terlingkup pada suatu penghasutan untuk melakukan suatu kejahatan dan atau pembakaran, pencurian dengan kekerasan sampai membawa senjata tajam tanpa izin.

Sebagaimana tertuang dalam rumusan pasal 106 jo pasal 87 KUHP dan atau pasal 110 KUHP dan atau pasal 14 ayat (1), (2) dan pasal 15 UU No. 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau pasal 66 UU No. 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan dan atau pasal 160 KUHP dan atau 187 KUHP dan atau 365 KUHP dan atau 170 KUHP ayat (1) KUHP dan atau pasal 2 UU Drt No, 12 tahun 1951 Jo Pasal 64 KUHP.

"Victor dinyatakan sebagai tersangka aktor kerusuhan berdasarkan keterangan saksi yang menyebutnya sebagai pimpinan demo dan orator yang berorasi mengenai Papua merdeka dan memprovokasi masyarakat sehingga mengakibatkan kerusakan fasilitas umum," terangnya.

"Selain itu, dia juga dinyatakan sebagai tersangka berdasarkan keterangan ahli. Dan saat ini tersangka Victor Yeimo dalam pemeriksaan di Mapolda Jayapura," tambahnya.

Untuk diketahui bahwa Victor Yeimo sendiri merupakan bagian Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang mana pada tahun 2019 lalu terlibat kerusuhan di Papua, hingga memunculkan demo besar buntut kasus rasial. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini