Polisi Tangkap 14 Pelaku Pungli dan Premanisme di Medan

Sabtu, 12 Juni 2021 22:00 Reporter : Uga Andriansyah
Polisi Tangkap 14 Pelaku Pungli dan Premanisme di Medan Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak pelaku pungli dan premanisme langsung direspons jajarannya. Di Medan, sedikitnya 14 orang terduga pelaku ditangkap.

Penangkapan dilakukan aparat Polsek Medan Timur dari sejumlah lokasi, Sabtu (12/6). "Operasi ini sesuai STR Kapolri Nomor: 463/VI/PAM.3.2/2021, tanggal 11 Juni 2021 tentang penindakan premanisme dan pungli," kata Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin.

Arifin menjelaskan, ke-14 orang yang diamankan diketahui telah melakukan pungli terhadap masyarakat yang sedang beraktivitas di tempat umum.

"Mereka yang kami amankan ini berprofesi sebagai juru parkir liar, dan anggota organisasi kemasyarakatan pemuda. Modusnya mereka meminta sejumlah uang kepada masyarakat," jelasnya.

Selain mengamankan belasan orang itu, polisi juga turut menyita barang bukti uang yang diduga hasil pungli senilai Rp 154 ribu.

Saat ini polisi masih melakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap ke-14 orang itu. Apabila nantinya ditemukan unsur tindak pidana, mereka akan diproses secara hukum.

"Namun, jika tidak ditemukan adanya tindak pidana maka dilakukan pembinaan dengan membuat surat pernyataan tidak mengulangi kembali perbuatannya. Kita berharap dengan dilakukannya operasi terhadap aksi premanisme dan pungli ini masyarakat dapat menjalankan seluruh aktivitasnya dengan rasa aman serta nyaman," pungkas Arifin. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini