Polisi sebut Amien Rais negarawan, jadi diperlakukan dengan hormat

Kamis, 11 Oktober 2018 12:28 Reporter : Ronald
Polisi sebut Amien Rais negarawan, jadi diperlakukan dengan hormat Amien Rais usai diperiksa Polda Metro Jaya. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Selama enam jam, mulai pukul 10.15 WIB hingga 16.00 WIB, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya memeriksa Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Dalam pemeriksaan, Amien Rais mengaku nyaman dan diperlakukan dengan mulia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menuturkan, Amien Rais adalah sosok negarawan. Sehingga diperlakukan dengan baik.

"Ya kita melihat yang bersangkutan adalah negarawan. Kemudian pernah memimpin bangsa Indonesia dan juga orang tua. Kita lakukan penghormatan," ujar Argo di Polda Metro Jaya, Kamis (11/10).

Argo mengatakan, ada beberapa pertanyaan yang dilontarkannya kepada Amien Rais. Namun, sebelum masuk pertanyaan pokok, penyidik menanyakan latar belakang Amien Rais.

"Pertama adalah berkaitan dengan latar belakang beliau. Itu kan SOP-nya pemeriksaan di berita acara," ujarnya.

Di dalam pertanyaan pokok, penyidik menanyakan Amien Rais soal pengetahuannya terkait kabar hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet yang sempat viral di dunia maya.

"Kemudian juga kami menanyakan dapat mengetahui berita itu dari mana. Kan gitu. Kemudian siapa saja," katanya.

Disinggung protes Amien Rais terkait penulisan nama, tidak terlalu dipersoalkan. Dari situ Argo memuji Amien Rais.

"Saya rasa untuk perasaan Pak Amien bisa tanyakan ke Pak Amien sendiri ya. Kami tidak bisa menyimpulkan makna di sana. Saya rasa yang bersangkutan kan tetep dateng. Menghadiri panggilan polisi. Itu lah jiwa kenegaraan beliau. Itu udah semuanya kami klarifikasi di-BAP. Seperti nama maupun apa udah kami klarifikasi," tutup Argo.

Sebelumnya, Amien Rais mengaku menikmati sejumlah sajian kuliner dari penyidik Polda Metro. "Siang tadi makan gudeg, ayam kampung, kemudian ditantang bawa nasi jamblang, juga masih ada. Nasi timbel ya. Tapi kalau terlalu banyak tidak bagus ya," tutur Amien usai pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/10).

Menurut Amien, jamuan dari pihak kepolisian menunjukkan bahwa dirinya dihormati. Ruang pemeriksaannya pun nyaman dan terbilang istimewa.

"Memang ini 6 jam. Tapi sebetulnya, yang separuh itu untuk makan, salat, dan ngobrol ke sana kemari. Jadi itu demikian smooth, bagus, dan pertanyaannya itu straight. Tidak muter-muter apalagi njebak. Terima kasih sekali," jelas dia.

Amien juga menerima pemeriksaan tensi darah. Dokter dari Polri yang kebetulan lewat memberikan penanganan medis dan hasilnya dinilai sehat.

"Hari ini setelah makan, ada dokter lewat. Eh pak dokter dari Polri. Pak ukur pak tensi saya, berapa. 120/80, jadi sehat walafiat. Boleh makan tongseng dan sate. Udah gitu saja," tutup Amien. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini