Polisi Periksa 12 Saksi Terkait Bazar UMKM dan Konser Musik di Cibis Park

Selasa, 4 Mei 2021 16:23 Reporter : Nur Habibie
Polisi Periksa 12 Saksi Terkait Bazar UMKM dan Konser Musik di Cibis Park Polisi garis polisi di bazar UMKM dan konser musik di Cibis Park. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Polres Metro Jakarta Selatan memeriksa 12 saksi terkait kegiatan bazar UMKM dengan konser musik di Cibis Park, Pasar Minggu. Video kerumunan orang di lokasi konser musik itu tersebar luas di media sosial.

"Kita memeriksa beberapa pihak diantaranya saksi yang ada di lokasi termasuk pihak-pihak yang diduga bertanggungjawab terhadap pelaksanaan kegiatan pertunjukan musik di lokasi tersebut," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah kepada wartawan, Selasa (4/5).

"Kita sudah melakukan pemeriksaan saksi, kemudian manajemen dari pemilik lokasi pengelola termasuk dari event organizer. Total 12 orang sudah kita lakukan pemeriksaan," sambungnya.

Setelah pemeriksaan saksi, polisi akan melakukan gelar perkara atas peristiwa tersebut untuk dapat bisa dinaikkan dari tingkat penyelidikan menjadi penyidikan.

"Setelah ini kita akan melakukan gelar perkara termasuk memeriksa masih memeriksa beberapa saksi yang lain untuk menentukan statusnya yang ke tingkat penyidikan, hingga menentukan siapa yang bertanggungjawab," ujarnya.

Alasan Sepi Adakan Konser Musik

Mantan Kapolres Metro Depok ini menjelaskan, kegiatan ini semula hanyalah kegiatan bazar UMKM saja. Akan tetapi, salah satu pengelola mengadakan konser musik tersebut.

"Konsernya itu kan kemaren maksud awal kegiatan adalah bazar UMKM selama bulan Ramadan. Namun, kemudian karena di rasa sepi kemudian salah satu pengelola membuat ide untuk meramaikan kegiatan dan ternyata kegiatan itu menimbulkan kerumunan. Itulah yang kemudian kita lakukan investigasi, karena kita sampai saat ini masih harus menjaga protokol kesehatan," jelasnya.

Azis menegaskan, pihaknya tak main-main untuk menindak masyarakat yang mencoba melanggar protokol kesehatan. Hal ini mengingat Indonesia khususnya Jakarta masih dilanda wabah Covid-19.

"Ya kesadaran untuk kita semua kalau kita ka sudah mengingatkan sejak pandemi awal kan. Semenjak pandemi awal sudah kita ingatkan maka ini untuk menunjukan konsisten maka kalau ada orang yang mencoba coba tetap kita lakukan tindakan tegas," tutupnya.

Sebelumnya, beredar rekaman video konser musik tanpa menerapkan protokol kesehatan yang viral di media sosial. Para pemain musik di konser itu juga tidak mengenakan masker dengan sejumlah penonton memadati lokasi. Para penonton juga terlihat tidak menjaga jarak dan tidak mengenakan masker. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini