Polisi jadikan pemilik Jo Pentha Travel umrah tersangka penipuan

Senin, 30 Oktober 2017 15:38 Reporter : Abdullah Sani
Polisi jadikan pemilik Jo Pentha Travel umrah tersangka penipuan Pemilik travel Pentha Wisata digiring calon jamaah ke Polda Riau. ©2017 merdeka.com/abdullah sani

Merdeka.com - Polda Riau menetapkan pemilik Travel Pentha Wisata berinisial Yusuf Johansyah (YJ) sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan ratusan jemaahnya yang gagal berangkat umrah ke Makkah. Dia dilaporkan sejumlah jemaah umrah yang kecewa karena selalu dijanjikan berangkat namun tidak terealisasi.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Dikatakannya, penyidik saat ini masih mendalami kasus tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi.

"Ya benar. Yang bersangkutan (Yusuf) sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan jemaah umroh," ujar Guntur, kepada merdeka.com, Senin (30/10) di kantornya.

Meski sudah jadi tersangka, namun Yusuf belum ditahan polisi. Alasannya, Yusuf berdalih kepada polisi sedang dalam kondisi sakit. "Dia tidak memenuhi dua kali pemanggilan atas alasan sakit," kata Guntur.

Yusuf jadi tersangka, setelah kepolisian menaikkan status perkara ke tahap penyidikan, beberapa waktu lalu, pasca dilaporkan oleh jemaahnya. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangannya, mulai dari jemaah hingga pihak maskapai. Travel Jo Pentha miliknya memiliki ratusan jemaah yang belum berangkat meski sudah membayar.

Para jemaah mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Riau melaporkan kasus itu pada akhir bulan September 2017 lalu. Bahkan massa juga turut memboyong Yusuf ke Mapolda Riau dan bertemu Komandan penyidik, AKBP Asep Iskandar.

Pata, calon jemaah merasa kesal lantaran selama ini hanya diberi janji manis oleh Yusuf, mulai dari pemberangkatan hingga pengembalian uang. Sedikitnya ada sekitar 700 orang calon jemaah yang terdaftar menjadi korban dugaan penipuan dalam kasus tersebut.

Bahkan ada juga calon jemaah yang sudah mendaftar sejak tahun 2015 dan 2016 lalu. Karena tak kunjung diberangkatkan, mereka sempat beberapa kali mendatangi kantor Pentha Wisata Travel yang terletak di jalan panda, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

[dan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penipuan Umrah
  3. Pekanbaru
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini