Polisi Imbau Pemudik Menyeberang Merak-Bakauheni pada Siang Hari

Rabu, 29 Mei 2019 07:35 Reporter : Dwi Prasetya
Polisi Imbau Pemudik Menyeberang Merak-Bakauheni pada Siang Hari Arus mudik 2017 di Pelabuhan Merak. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemudik diimbau untuk berangkat pada siang hari agar tak terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak, Banten. Terutama pada tanggal 30 Mei hingga 1 Juni 2019 yang diprediksi akan menjadi titik puncak arus mudik.

"Kita mengimbau kepada pemudik tidak melakukan penyeberangan di malam hari karena diprediksi akan padat, tapi kalau siang hari stabil. Makanya upayakan siang hari," kata Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir kepada wartawan, Rabu (29/5).

Ia menyampaikan, dalam persatu menit sebanyak 19 mobil roda empat bisa masuk ke dalam kapal, sedangkan jumlah kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak sebanyak 68 per menit.

"Kita akan maksimalkan percepatan bongkar muat," katanya.

Guna untuk mengurangi kepadatan, pihaknya telah melakukan pengalihan penyeberangan truk pengangkut barang ke Bojonegara. Empat kapal telah disiapkan untuk mengangkut sebanyak 1.000 kendaraan per-hari.

Kemudian, untuk mengupayakan percepatan bongkar muat di Pelabuhan Merak, telah disiapkan 3 Dermaga untuk mengangkut khusus dari Pelabuhan Merak ke Bakauhuni secara cepat. "Dari Bakauheuni akan kembali kosong karena mau ngejar antrean pemudik ke Sumatera," katanya.

Untuk diketahui, dalam melaksanakan operasi ketupat kalimaya 2019 selama 13 hari ke depan sebanyak 3.193 personel gabungan disiagakan. Kemudian mendirikan sebanyak 39 pos untuk pengamanan arus mudik dan pengamanan wisata libur Lebaran 2019. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini