Polisi Bongkar Sindikat Pencurian Suku Cadang Alat Berat di Kutai Kartanegara

Rabu, 8 Mei 2019 09:45 Reporter : Saud Rosadi
Polisi Bongkar Sindikat Pencurian Suku Cadang Alat Berat di Kutai Kartanegara Pencuri Suku Cadang Alat Berat. ©2019 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Tim Reskrim Polsek Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, membongkar sindikat pencurian dan penjualan suku cadang alat berat, hingga ke Jakarta. Tujuh orang tersangka dijebloskan ke penjara.

Kasus itu terbongkar mulai Maret 2019 lalu. Dua orang pelaku, Ari (25) dan Sona (30), ditangkap menyusul laporan perusahaan kehilangan suku cadang alat berat.

Meski meringkuk di penjara, aksi pencurian belum benar-benar usai. Sebulan kemudian, Selasa (30/4), kembali terjadi aksi pencurian spare part. Penyelidikan berbuah hasil. Diduga, para pelaku lainnya adalah satu komplotan Ari dan Sona.

Dugaan itu benar. Polisi kembali meringkus 5 pelaku lainnya di Tenggarong dan Samarinda, masing-masing Agus Pramono (31), Ical (33), Rio (38), Novianto (34) dan Cosmas (28).

"Kelimanya ini, kita tangkap dari tanggal 1 sampai tanggal 5 Mei kemarin. Perannya ada sebagai pemetik, dan penadah," kata Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf, dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (8/5).

Kelimanya, digelandang ke Mapolsek Tenggarong Sebedang. Rio, lanjut Rauf, diketahui sebagai residivis kasus narkoba. "Bahkan saat ditangkap di indekosnya di Samarinda, dia baru saja konsumsi sabu," ungkap Rauf.

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Tenggarong Seberang Ipda Slamet Rijadi menambahkan, ada keterlibatan eks mekanik perusahaan. "Agus mantan mekanik. Jadi, suku cadang curian dijual ke Jakarta, harga bervariasi. Diantaranya melalui online, dan harga puluhan juta," jelas Rijadi.

Kelima pelaku yang ditangkap dalam 5 hari di bulan ini, menyusul Ari dan Sona meringkuk di penjara. "Barang buktinya antara lain ada suku cadang ekskavator PC200, kunci inggris, dan palu. Kami terapkan pasal 363 tentang pencurian disertai pemberatan," tutup Rijadi. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Pencurian
  2. Samarinda
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini