Polisi Bongkar Sejoli Otaki Penipuan Tawarkan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Medsos

Selasa, 27 Juli 2021 17:02 Reporter : Merdeka
Polisi Bongkar Sejoli Otaki Penipuan Tawarkan Sertifikat Vaksin Covid-19 di Medsos Ilustrasi garis polisi. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap tiga orang asal Sulawesi Selatan atas dugaan penipuan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan, mereka membuka jasa pembuatan sertifikat vaksin Covid-19 di media sosial.

Iming-imingnya, mereka memberikan sertifikat tanpa menjalani vaksinasi Covid-19. Tapi, kenyataan tak demikian. Menurut Yusri, banyak yang sudah menyetorkan uang namun sertifikat tak kunjung dikirimkan ke si pemesan.

"Kita amankan tiga orang, ini berasal dari Sulsel. Mereka lebih mengarah pada penipuan, karena vaksin yang dia janjikan baik vaksin 1 dan 2, hasilnya tidak ada. Setelah orang transfer ke yang bersangkutan sertifikat vaksinnya tidak keluar," ucap dia di Polda Metro Jaya, Selasa (27/7).

Yusri menyebut, dua orang tersangka diantaranya adalah sepasang kekasih berinisial SS dan SKI. Pelaku SKI, sebagai otaknya mengajarkan teman wanita berinisial SS untuk membuat akun media sosial yang dimaafkan untuk media promosi.

"Dalam akun itu dia katakan bagi ingin memiliki sertifikat vaksin tanpa melakukan vaksin atau takut melakukan vaksin kami open jasa pembuatan sertifikat," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Yusri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengikuti jejak pelaku apalagi menjadi konsumennya. Yusri menyebut tidak sulit bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara cuma-cuma. Menurut dia, syaratnya cukup membawa KTP atau identitas saja.

"Makanya kami harapkan para orang-orang yang memesan seperti ini di medsos setop. Pelaku ini menipu dengan harga Rp400.000 uang sudah ditransfer tapi vaksin tidak dapat," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini