Polisi Berkuda Pantau Rumah Kosong Ditinggal Mudik Lebaran

Selasa, 4 Juni 2019 03:30 Reporter : Saud Rosadi
Polisi Berkuda Pantau Rumah Kosong Ditinggal Mudik Lebaran polisi berkuda di tenggarong. ©2019 Merdeka.com/saud rosadi

Merdeka.com - Libur Lebaran biasanya digunakan para pelaku kriminal untuk melakukan pencurian di rumah kosong yang ditinggal pemudik. Namun, polisi punya cara tersendiri untuk mengantisipasi kasus itu terjadi. Salah satunya dengan menggiatkan patroli guna mengingatkan agar warga waspada aksi pencurian rumah kosong yang ditinggal pemudik.

Bahkan ada cara yang lain dari biasanya dilakukan oleh Polsek Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. Anggota Polisi yang umumnya menggunakan mobil atau motor, kini berganti menjadi kuda untuk lakukan patroli ke rumah warga.

Tiga kuda milik warga, dimanfaatkan untuk giat patroli polisi di lingkungan permukiman. Sebab, lingkungan permukiman relatif sepi, lantaran ditinggal mudik ke kampung halaman.

"Kami lakukan patroli dengan cara berbeda. Ada kemampuan personel untuk berkuda, kita maksimalkan untuk berpatroli berkuda di lingkungan permukiman," kata Kapolsek Tenggarong Seberang Iptu Abdul Rauf, ditemui merdeka.com, Senin (3/6).

Rauf menerangkan, tidak hanya patroli berkuda, di saat bersamaan Rauf juga menerjunkan patroli sepeda motor. "Ini gabungan, patroli berkuda, dan bermotor. Kami kelilingi permukiman, untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana," ujar Rauf.

©2019 Merdeka.com/saud rosadi

Pantauan merdeka.com, regu patroli berkuda di antaranya mengelilingi permukiman di Jalan Limau. Warga yang sedang nongkrong di depan rumah pun, disambangi.

"Silakan buat warga yang mudik, mengabarkan ke kami di Polsek, agar nanti dipatroli rutin kepolisian. Bagi warga juga yang hendak menitipkan kendaraan di Polsek selama mudik, juga kami persilakan Pak," kata Rauf, yang juga ikut berpatroli.

"Bagus, ada patroli berkuda keliling ke permukiman di desa seperti kni Saya juga bantu ingatkan kalau ada yang mudik, untuk lapor. Jadi rumah tinggal diawasi. Alhamdulillah, ini memberi rasa aman kami. Karena sebagian warga memang mudik," kata warga Jalan Limau, Budiman (50). [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini