Polisi Bakal Turunkan Pemudik Berbonceng Tiga atau Menumpuk di Mobil Bak

Selasa, 28 Mei 2019 12:00 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Polisi Bakal Turunkan Pemudik Berbonceng Tiga atau Menumpuk di Mobil Bak Ilustrasi

Merdeka.com - Arus mudik diperkirakan mulai terjadi akhir pekan ini. Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Polisi Hamidin, mengingatkan warga selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan diri juga keluarga saat berkegiatan mudik Lebaran nanti.

"Jangan sampai mudik berboncengan sampai tiga orang atau naik kendaraan bak," kata Hamidin kepada awak media usai apel gelar pasukan operasi ketupat 2019 di lapangan Karebosi, Makassar, Selasa, (28/5).

Jika petugas menemukan pemudik tidak mengikuti aturan berkendara akan ditindak tegas demi keselamatan.

"Maaf kalau kami sedikit tegas menegur dan akan turunkan. Ini semua demi keamanan dan keselamatan pemudik sendiri," katanya.

Hamidin menambahkan, untuk mengamankan arus mudik dan balik, pihaknya menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan seperti pelayanan kesehatan, pelayanan informasi dan pos terpadu. Pos tersebar di 24 kabupaten/kota yang jumlahnya masing-masing sesuai kebutuhan.

Menurutnya, sistem pengamanan mudik tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Sebab, ancaman teroris menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai.

"Sekarang di Jakarta, ancaman terorisme itu nyata karena sudah ada 41 orang di bulai Mei ini saja yang ditangkap dan menargetkan tempat2 keramaian. Artinya mudik Lebaran ini tidak tertutup kemungkinan mereka jadikan sasaran," kata Hamidin.

Dia menambahkan, mengamankan arus mudik, sebanyak 5.035 personel gabungan dikerahkan. Terdiri dari 2.662 personel kepolisian, selebihnya TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Damkar, Jasa Raharja dan Organda. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Mudik 2019
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini