Polisi Amankan Pasutri Perampok dan Pembunuh Sopir Travel di OKU Timur

Rabu, 28 April 2021 13:23 Reporter : Irwanto
Polisi Amankan Pasutri Perampok dan Pembunuh Sopir Travel di OKU Timur Ilustrasi borgol. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Polisi mengamankan pasangan suami istri yang melakukan perampokan disertai pembunuhan terhadap sopir travel Kateni alias Mbah Gepeng (59) yang mayatnya ditemukan membusuk di areal petkebunan tebu. Motifnya ingin menguasai mobil korban.

Kedua pelaku adalah Dedi Sutarno alias Edi (28) dan istrinya Rina Herlina (42) warga Kelurahan Terukis Rahayu, Kecamatan Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan.

Penangkapan pertama dilakukan terhadap pelaku Rina Herlina di rumahnya, Selasa (27/4) sore. Polisi mendapati mobil korban terparkir di kediamannya dan beberapa ponsel.

Dari keterangan, suaminya sedang bekerja di perkebunan ubi di Baturaja, OKU, sehingga langsung dilakukan penjemputan. Pelaku diamankan tanpa perlawanan beberapa jam kemudian.

Kasubag Humas Polres OKU Timur AKP Edi Ariyanto mengungkapkan, kedua tersangka mengakui sebagai perampok sekaligus korban. Mereka melakukan kejahatan itu untuk menguasai mobilnya.

"Kedua tersangka ditangkap kemarin sore di tempat berbeda. Mereka pasangan suami istri yang sama-sama terlibat," ungkap Edi, Rabu (28/4).

Dikatakan, mayat korban yang beralamat di Desa Daya Sakti, Kecamatan Tumijajar, Tulang Bawang, Lampung, itu ditemukan sudah membusuk di perkebunan tebu PT LPI Desa Campang Tiga Jaya, Kecamatan Cempaka, OKU Timur, Selasa (2/3). Ketika itu korban dalam kondisi tangan dan leher terikat kain.

"Pembunuhan terjadi tiga hari sebelumnya atau tanggal 28 Februari 2021 sore hari oleh kedua tersangka," ujarnya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP tentang perampokan dan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati.

"Penyidik menggunakan pasal itu karena sudah direncanakan kedua tersangka sebelumnya," pungkasnya. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pembunuhan
  3. Ogan Komering Ulu
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini