Polisi amankan granat diduga peninggalan Belanda di Surabaya

Minggu, 29 April 2018 05:01 Reporter : Fikri Faqih
Polisi amankan granat diduga peninggalan Belanda di Surabaya Granat. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Tim Penjinak Bahan Peledak Detasemen Gegana Satuan Brigadir Mobil (Satbrimob) Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mengamankan sebuah granat yang ditemukan di lahan kosong Jalan Dharmahusada Indah Utara XIV, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya.

"Jenisnya granat tangan. Aktif tidaknya sedang kami selidiki," kata Kepala Unit I Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim Inspektur Satu Irwan seperti dilansir dari Antara, Sabtu (28/4).

Dia mengatakan, Tim Penjinak Bahan Peledak Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim langsung meluncur ke lokasi. Tujuannya untuk melakukan pengamanan setelah menerima laporan dari masyarakat pada sekitar pukul 15.00 WIB.

Di antaranya memasang garis polisi dan membungkus granat tersebut untuk kemudian diselidiki di Markas Brimob Polda Jatim.

Setelah mengamankan sebuah granat yang bentuknya menyerupai buah alpukat itu, Tim Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim juga tampak melakukan penyisiran di sekitar tempat kejadian perkara untuk mencari kemungkinan adanya granat lain.

"Kemungkinan sebuah granat yang ditemukan di lokasi ini adalah peninggalan pada masa kolonial Belanda dulu," ucap Irwan.

Penemu granat tersebut adalah warga setempat bernama Samsul Iman, yang saat itu sedang memindahkan karung-karung berisi tanah urukan, pada sekitar pukul 12.49 WIB.

Pria berusia 55 tahun itu segera melapor ke Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Mulyorejo Surabaya karena khawatir granat yang ditemukannya masih aktif dan dirasa membahayakan.

"Di daerah ini memang tergolong sering ditemukan granat seperti ini. Beberapa tahun lalu ada seorang warga juga menemukan granat dengan bentuk yang serupa seperti yang saya temukan sekarang," ujarnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Granat
  2. Surabaya
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini