Polisi Amankan 10 Pelajar saat Demo di Kedubes Prancis, Pistol Mainan Disita

Senin, 2 November 2020 15:53 Reporter : Nur Habibie
Polisi Amankan 10 Pelajar saat Demo di Kedubes Prancis, Pistol Mainan Disita Demo Kecam Presiden Prancis di Jakarta. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Polisi telah mengamankan puluhan pelajar yang kedapatan mengikuti demonstrasi di Kedutan Besar (Kedubes) Prancis, Jakarta Pusat. Mereka diketahui bukan bagian massa aksi tersebut.

"Tadi yang di Kedutaan Prancis ada, mereka kami amankan, ada beberapa yang kita cek, memang dia dari buruh bukan, ormas bukan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto kepada wartawan, Senin (2/11).

Saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas, ternyata ada di antara mereka membawa pistol mainan. "Tapi intinya kita scanning karena tadi ada yang bawa pistol, pistol mainan. Memang mainan, tapi kan enggak pada tempatnya dibawa ke tempat aksi seperti ini," ujarnya.

Heru menjelaskan, mereka yang diamankan tersebut masih berusia atau berumur dibawah 17 tahun. "Tadi ada 10 (orang) kita belum ngecek lagi karena lagi konsentrasi di sini. Rata-rata masih anak pelajar karena umur di bawah 17 semua," jelasnya.

Meski mengamankan sejumlah pelajar, polisi menyebut jalannya demo UU Cipta Kerja dan mengecam keras pidato Presiden Prancis Emmanuel Macron, terbilang tertib dan damai.

"Aksi hari ini buruh cukup tertib ya. Mereka cukup komit, rapi, bahkan mereka mengikuti aturan yang ada. Alhamdulillah aksi hari ini berjalan dengan baik," tutupnya. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Demo
  3. Prancis
  4. Jakarta
  5. Demo Pelajar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini