Polisi Aceh tangkap Doyok, anak buah Din Minimi

Senin, 30 Maret 2015 23:10 Reporter : Afif
Polisi Aceh tangkap Doyok, anak buah Din Minimi Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Polisi Daerah (Polda) Aceh berhasil menangkap seorang anggota komplotan bersenjata Din Minimi Senin (23/3) di Lhokseumawe. Saat ini anggota Din Minimi ini sedang diperiksa intensif.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Husen Hamidi menjelaskan, anggota Din Minimi yang ditangkap bernama Doyok yang kerap melakukan aksi kriminalitas bersenjata.

Selain melakukan kriminalitas menggunakan senjata, kelompok Din Minimi ini juga yang menculik Ayah Mud beberapa waktu lalu di Aceh Utara. Ayah Mud adalah kader Partai Aceh dan juga Panglima Muda Wilayah II Pasee, Aceh Utara Komite Peralihan Aceh (KPA).

"Sekarang Doyok masih sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Polres Lhokseumawe," kata Irjend Pol Husen Hamidi, Senin (30/3) di Mapolda Aceh.

Hasil pemeriksaan, katanya, polisi menemukan bersama Doyok 384 butir peluru. Semua peluru yang ditemukan ini sudah disita oleh pihak Polres Lhokseumawe. "Kelompok Din Minimi ini sudah lama kita DPO," imbuhnya.

Sedangkan keterkaitan dengan aksi penculikan dan pembunuhan 2 TNI di Aceh Utara, Husen belum bisa memastikan keterlibatan anggota Din Minimi. Karena sampai saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan dan pengungkapan kasus tersebut.

"Belum tahu, apakah terlibat atau tidak, karena masih kita selidiki," tegasnya.

Kata Kapolda, kelompok bersenjata di Aceh sebenarnya ada 3 kelompok. Di antaranya kelompok Din Minimi yang telah berhasil ditangkap satu anggotanya. Lalu ada kelompok Raja Rimba, semua anggotanya sudah ditangkap. Kemudian masih ada satu lagi yaitu kelompok Gambir.

"Raja Rimba itu semua sudah kita tangkap sebanyak 5 orang, tetapi masih ada sekarang yang mengatasnamakan Raja Rimba lagi sekarang," ungkapnya.

Sementara itu Ayah Mud, Panglima Muda Wilayah II Pasee, Aceh Utara sempat diculik beberapa waktu sekarang sudah bebas. Ayah Mud berhasil kabur dari komplotan Din Minimi pada tanggal 22 Maret lalu.

"Ayah Mud sudah kembali tanggal 22 Maret dan sekarang dalam pemeriksaan kita," tegas Kapolda. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Aceh
  2. 2 TNI Aceh Diculik
  3. Banda Aceh
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini