Polda Sumut sebut tiga daerah rawan di Pilkada Serentak

Rabu, 27 Juni 2018 08:33 Reporter : Lia Harahap
Polda Sumut sebut tiga daerah rawan di Pilkada Serentak Ilustrasi Pilkada. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Sumatera Utara menjadi salah satu dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak 2018 pada 27 Juni ini. Polda Sumut sudah memetakan daerah rawan selama pilkada.

Salah satu kawasan yang dianggap rawan adalah Kota Medan. "(Paling rawan) Kota Medan pertama, lalu di Langkat, di Tapanuli Utara, Nias Selatan," kata Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpaw, di Lapangan Merdeka, Medan, Selasa (26/6) malam.

Menurutnya, kerawanan yang dimaksud bukan bentuk intimidasi atau kekerasan lainnya.

"Itu bukan faktor intimidasi atau yang lain, itu faktor geografis, dan letak dan jarak yang mengendala bagi kita. Kita menyesuaikan kekuatan berdasarkan faktor-faktor kerawanan itu sendiri," ujarnya.

"Tentu yang punya sejarah masyarakat yang berkonflik itu jadi catatan kami. Di Medan, Tapanuli Tengah itu sering terjadi konflik dan ada konflik awal yang menjadi batas itu jadi atensi kita," sambungnya.

Terkait pengamanan pilkada, Kepolisian dibantu TNI akan memaksimalkan kekuatan. Daerah yang dianggap rawan akan ditambahkan pengamanannya termasuk untuk pasangan calon.

"Dalam pengamanan itu kenapa dianggap rawan maka kita tambah personel itu lebih banyak. Di-backup oleh Brimob sama TNI," ucapnya.

"Termasuk paslon kita tempatkan personel untuk mengamanan pejabat itu sendiri. Termasuk di rumah-rumah. Ada juga memang yang enggak mau pejabat yang mendapat pengawalan itu," jelasnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini