Polda Metro Siapkan Pengamanan Aksi Demo 21 Mei

Jumat, 20 Mei 2022 23:23 Reporter : Nur Habibie
Polda Metro Siapkan Pengamanan Aksi Demo 21 Mei Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Sejumlah elemen masyarakat menyatakan akan turun ke jalan dalam rangka memperingati reformasi pada Sabtu (21/5) besok. Polda Metro Jaya telah menerima pemberitahuan demo itu dan tengah menyiapkan pengamanannya.

"Polda Metro sudah mendapat pemberitahuan dari elemen yang menyampaikan pendapat di muka umum. Untuk kegiatan hari ini juga ada termasuk DPR/MPR termasuk besok. (Estimasi massa) ya kalau untuk massa kurang lebih 500," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (20/5).

Dengan adanya pemberitahuan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah personel untuk mengawal dan mengamankan aksi tersebut secara humanis.

"Tentunya Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan terhadap elemen yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, terkait dengan apa yang mereka sampaikan kepada kita jumlah peserta dan sebagainya," jelasnya.

"Polisi akan mengawal, khususnya Polda Metro Jaya akan mengamankan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Tentunya dengan protap yang kita miliki dan juga secara humanis tentunya," sambungnya.

Lalu, terkait dengan jumlah personel yang akan mengawal aksi tersebut. Nantinya akan lebih banyak daripada massa aksi unjuk rasa.

"(Personel) Nanti akan kami sampaikan. Melihat eskalasi yang ada di lapangan. Pengamanan tentunya lebih dari jumlah massa yang hadir," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Jangan Sampai Disusupi

Selain itu, dirinya mengimbau kepada massa aksi untuk tetap tertib dalam menyampaikan pendapatnya di muka umum dan tidak disusupi orang lain.

"Tentunya kami mengimbau kepada semua elemen yang mau menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana di atur UU Nomor 9 Tahun 1998 tentunya juga harus menjaga ketertiban umum dan ruang publik yang lain. Kemudian juga tidak tersusupi oleh orang-orang lain yang nanti merusak daripada acara penyampaian pendapat ini," ungkapnya.

Zulpan juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap melakukan kegiatan sehari-harinya seperti biasa. Pihaknya akan menjamin keamanan warga yang tidak ikut melakukan aksi.

Termasuk kegiatan perekonomian agar tidak terganggu. Semuanya aktivitas seperti biasa," tutupnya.

Sebelumnya Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengingatkan sejumlah elemen yang melakukan unjuk rasa untuk tetap menjaga situasi ketertiban dan tidak terprovokasi dengan oknum-oknum yang membuat kericuhan.

"Imbauannya agar menjaga situasi tetap tertib, aman dan menghargai masyarakat pengguna jalan lainnya. Jangan sampai disusupi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab," imbau Dedi.

Diketahui, massa demonstran saat melakukan aksi unjuk rasa bulan Ramadhan 1443 Hijriah kemarin sempat terbentang spanduk yang mendesak Jokowi mundur dari jabatan Presiden Republik Indonesia.

Selain itu, spanduk tersebut juga bertuliskan 'Mosi tidak percaya terhadap DPR dan Pemerintah Jokowi-Ma'ruf'. Akhirnya, terjadi bentrokan saat demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Rencananya, sejumlah elemen masyarakat, seperti Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan kembali gelar demo besar pada 21 Mei 2022, bertepatan dengan momentum reformasi. Aksi itu puncak dari rangkaian gelombang unjuk rasa di berbagai daerah.

"Pada 21 Mei, bertepatan momentum reformasi. Siapkan kekuatan kita, sosialisasikan ke kampus-kampus, ke pabrik-pabrik, ke kampung-kampung bahwa rakyat akan terus berjuang, rakyat akan terus bergerak," kata Sekretaris Jenderal KASBI pada Kamis, 21 April 2022. [yan]

Baca juga:
Duduk Perkara Kapolsek Gambir Terinjak-injak Massa Demo Rusuh di Patung Kuda
Simak, Pengalihan Arus Lalu Lintas saat Demo di Patung Kuda & DPR Hari Ini
Catat, 2 Lokasi Ibu Kota akan Dipadati Massa Buruh dan Mahasiswa Hari Ini
Komisi III Jelang 21 Mei: Silakan Demo, Niatnya Jangan Rebut Kekuasaan
Penjelasan Polri, Unjuk Rasa Wajib Kirim Surat Pemberitahuan Bukan Minta Izin
DPR Ingatkan Massa Aksi Tak Angkat Isu Pemakzulan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini