Polda Metro Jaya Siapkan 12 Pos Pemeriksaan Pengendara yang Kembali ke Jakarta

Sabtu, 15 Mei 2021 19:25 Reporter : Merdeka
Polda Metro Jaya Siapkan 12 Pos Pemeriksaan Pengendara yang Kembali ke Jakarta Pemeriksaan SIKM di Gerbang Tol Cikupa. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan 12 pos pemeriksaan yang akan digunakan untuk mengecek persyaratan yang dibawa pengendara kembali ke Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menerangkan, salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi pengendara yang ingin kembali ke Jakarta mengantongi surat bebas Covid-19.

Sambodo mengaku telah duduk bersama dengan seluruh Kasatlantas di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan beberapa instansi terkait.

"12 titik pemeriksaan dokumen bebas Covid-19 dan kalau dia tidak punya dokumen akan kita lakukan pemeriksaan berupa swab antigen," kata Sambodo, Sabtu (15/5).

Sambodo merinci 12 pos pengamanan antara lain didirikan Polda Metro Jaya di Parking Bay Kilometer 34 Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta, Terminal Pulo Gebang, dan Terminal Kalideres.

Selanjutnya, Polres Metro Tangerang Kota juga mendirikan pos pemeriksaan di Jatiuwung, cek poin Kebon Nanas, KTR Dishub Batu Ceper.

Berikutnya, pos pemeriksaan yang dibangun oleh Polres Metro Kabupaten Bekasi di PT NCS Logistik, Jalan Raya Rengas, Lemahabang. Lalu, Polres Metro Depok membuat pos pemeriksaan di Jalan Raya Parung Ciputat Bojong Sari, Jalan Raya Bogor (SPBU Cilangkap).

Sementara, Polres Metro Bekasi Kota mendirikan pos pemeriksaan di Pos Sasak Jarang, Pos Tomyang. Terakhir, Polre Tangsel mendirikan pos pemeriksaan di Jalan Gatot Subroto Bitung.

"Jadi semua ada 12 titik secara random kita akan melakukan pemeriksaan kepada masyarakat yang melaksankan mudik dan persiapan kembali ke Jakarta," ucap dia.

Sambodo mengaku telah mengantisipasi seandainya pemeriksaan menimbulkan kepadatan arus kendaraan. Salah satunya dengan metode acak.

"Pemeriksaan ini kan random sampling untuk menghindari terjadinya kepadatan arus lalu lintas," ujar dia. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini