Polda Metro Jawab Keluhan Ratna Soal Penjara Sempit & Tak Berventilasi

Selasa, 26 Maret 2019 14:16 Reporter : Ronald
Polda Metro Jawab Keluhan Ratna Soal Penjara Sempit & Tak Berventilasi Ratna Sarumpaet dibawa ke Kejari Jaksel. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Polda Metro Jaya menjawab keluhan Ratna Sarumpaet sebut tidak ada ventilasi di dalam penjara. Sarana dan prasarana di rutan sudah sesuai peraturan dari Kemenkuham.

"Yang tidak ada ventilasi rutan atau kamarnya. Saya tanya dulu nih. Namanya Rutan ya di Polda Metro Jaya sudah ada dari skep Kemenkumham ya. Rutan Polda Metro Jaya itu ada fasilitas olahraga, ada fasilitas untuk berkumpul, ada taman, ada tempat untuk istirahat sorenya, itu ada semua. Kira-kira ada udara enggak di situ? Ada udara untuk sirkulasi ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa (26/3).

"Untuk sel itu depannya jeruji. Ada angin masuk enggak? Nah, kira-kira gimana?" sambungnya.

Argo menegaskan, siapapun yang bersalah dan dimasukkan ke dalam tahanan jangan berharap hidup seperti tidur di rumah sendiri. Dimana para penghuni akan dibina agar tak mengulangi perbuatannya kembali.

"Ya memang kalau kita mau disamakan dengan rumah pribadi ya enggak bisa. Yang namanya rutan semuanya kan ada fasilitas yang ditentukan. Misal jatah makan ada. Jatah besuk pun ada. Jadi memang di tempat untuk rutan bukan untuk pindah tidur tapi untuk dilakukan pembinaan juga. Jangan sampai melakukan tindak pidana kembali," kata Argo.

Sebelumnya, terdakwa kasus penyebaran berita bohong alias Hoaks, Ratna Sarumpaet mengeluhkan kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

Ratna menjelaskan, situasi di Rutan Polda Metro Jaya bisa memperburuk kondisi kesehatan. Ratna pun menggambarkannya.

"Kondisi tahanan tidak ada ventilasi, dan ruangnya sempit. Itu aja," ucap Ratna. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini