Polda Jabar bakar ganja dan lebur sabu senilai Rp 16 miliar

Senin, 13 Juni 2016 12:32 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Polda Jabar bakar ganja dan lebur sabu senilai Rp 16 miliar Polda Jabar bakar sabu dan ganja. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Aparat Kepolisian Daerah Jawa Barat memusnahkan barang bukti berupa sabu dan ganja senilai Rp 16 miliar. Barang bukti itu merupakan hasil sitaan Jajaran Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba yang dilakukan kepolisian dengan operasi sandi bersinar dalam periode Februari hingga Mei 2016.

Pemusnahan beberapa jenis narkotika tersebut dilakukan di halaman belakang Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (13/6). Pemusnahan disaksikan langsung Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito serta jajaran, hadir pula perwakilan dari BNNP Jabar.

"Jumlah (narkoba ini) jika dirupiahkan bisa mencapai Rp 16 miliar," kata Kapolda usai pemusnahan.

Pemusnahan sendiri dilakukan dengan cara berbeda. Untuk sabu yang mencapai 8,05 kg, dimusnahkan dengan cara dilebur dengan cairan. Secara simbol Kapolda turun memusnahkan serbuk putih tersebut hingga butiran putih tersebut lenyap.

Selanjutnya ganja yang mencapai 3,9 kilogram dimusnahkan dengan cara dibakar yang terlebih dahulu di masukan ke dalam drum.

Selain narkotika, kepolisian juga memusnahkan 3.957 botol minuman keras berbagai merek, 20 20 dus cherybel, serta ciu sebanyak 24 jeriken

Pantauanmerdeka.comuntuk minuman keras pemusnahan dilakukan dengan cara dilindas kendaraan berat.

"Pemusnahan barang bukti berupa sabu, ganja, miras dan minuman oplosan ini adalah suatu komitmen kita dari kepolisian, yang tengah komitmen melakukan penindakan dan penangkapan," ungkapnya.

Direktur Ditres Narkoba Polda Jabar Kombes Pol Aman Gane menyebutkan, peredaran narkotika dan obat terlarang saat ini sudah masuk ke segala usia masyarakat. Tidak mengenal dewasa atau tua, bahkan masuk ke usia anak-anak.

"Makanya perlu ditingkatkan kewaspadaan dari tingkat keluarga sejak dini," terangnya. Sehingga pihaknya berkomitmen untuk mengikis pergerakan dan peredaran narkoba di wilayahnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini