PMI Ingatkan Masyarakat Tak Lengah Jaga Kebersihan di Fase Tatanan Hidup Baru

Sabtu, 6 Juni 2020 05:02 Reporter : Merdeka
PMI Ingatkan Masyarakat Tak Lengah Jaga Kebersihan di Fase Tatanan Hidup Baru Sudirman Said. ©2018 Merdeka.com/Dian Ade

Merdeka.com - Sejumlah daerah di Indonesia memasuki fase new normal atau tatanan hidup baru di masa pandemi Covid-19. Masyarakat diminta tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar selalu terhindar dari virus tersebut.

"Meskipun saat ini kita akan memasuki kehidupan normal baru, kami minta masyarakat untuk tetap disiplin untuk menjalankan hidup bersih dan sehat demi menghindari penularan Covid-19. Untuk itu kami akan selalu siap mendampingi masyarakat untuk memasuki fase new normal," kata Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said, Jumat (5/6).

Mantan menteri ESDM ini menerangkan dalam menghadapi pandemi Covid-19, ada 2 hal yang menjadi fokus PMI. Yakni, meminta masyarakat untuk selalu cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Kedua memutus rantai penularan melalui penyemprotan cairan disinfektan ke tempat-tempat umum yang dicurigai menjadi tempat transit virus.

"Untuk pengobatan, itu merupakan domain dari rumah sakit dan tenaga medis," ungkap Sudirman.

Dia pun menjelaskan, penerima manfaat dari operasi PMI dalam menangani Covid-19 yakni penyemprotan disinfektan telah menjangkau 63.547 area, layanan ambulans milik PMI telah melayani pasien Covid-19 sebanyak 264 dan hearse ambulans sebanyak 109 angkutan.

"Layanan kendaraan berupa: 35 unit Gunner Spraying, 200 unit Grandmax Spraying, 22 Unit truk tangki, dan 30 unit pengisi ulang tangki. Distribusi logistik berupa 2.732.150 pcs masker bedah, 2.136.111 pcs masker kain, 32.192 pcs masker N95 dan lain lain. Sementara donasi uang tunai yang telah disalurkan PMI tercatat sebanyak Rp 53.170.354.599,78," jelas dia.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini