PKS Protes Prabowo Pimpin Lumbung Pangan Nasional

Selasa, 14 Juli 2020 12:18 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PKS Protes Prabowo Pimpin Lumbung Pangan Nasional Potret Jokowi dan Prabowo kerja bareng. ©Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memimpin pengembangan lumbung pangan nasional. Namun perihal ketahanan pangan dipegang seorang Menhan, dinilai tidak tepat.

PKS memprotes penunjukkan Prabowo pimpin lumbung pangan nasional. Salah satu alasannya, tugas Prabowo di Kemenhan sudah cukup berat.

"Ada beberapa sektor penting untuk membangun ketahanan nasional, kan tidak berarti Kemhan mengurusi semua hal. Kementerian pertanian, Bulog, Badan Ketahan Pangan yang selama ini mengurusi soal pangan, harus dilihat sebagai satu kesatuan usaha membangun ketahanan nasional," kata Politikus PKS, Sukamta, Selasa (14/7).

Sukamta menilai, Kemhan sudah punya beban dan tanggung jawab yang besar. Misalnya terkait ketahanan nasional melalui kekuatan TNI dengan ketiga matranya.

Persoalan kedua, lanjut anggota Komisi I DPR bidang pertahanan ini, ada kebutuhan anggaran yang sangat besar sebanyak Rp68 triliun untuk mengembangkan lumbung pangan seperti yang dikatakan Wamenhan, Sakti Wahyu Trenggono.

Biaya ini akan didapat dari pengajuan kredit ke Bank Indonesia dalam bentuk penerbitan obligasi.

"Yang jadi soal saat ini pemerintah sedang minim pemasukan, sementara kondisi ekonomi ke depan masih belum menentu. Opsi utang akan semakin menambah beban utang yang sudah membengkak. Mestinya pemerintah sedapat mungkin menekan pengeluaran hanya untuk kegiatan yang penting dan mendesak," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Petani Singkong Kesusahan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini