PKS Minta Andhika & Maruli Buktikan Jadi Kasad & Danpaspampres Bukan karena KKN

Jumat, 30 November 2018 16:12 Reporter : Sania Mashabi
PKS Minta Andhika & Maruli Buktikan Jadi Kasad & Danpaspampres Bukan karena KKN Andika Perkasa dan Maruli Simanjuntak. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua jabatan penting di lingkungan TNI baru saja mengalami pergantian. Jenderal Andhika Perkasa didaulat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat atau Kasad, dan Brigjen Maruli Simanjutak menjadi Komandan Paspampres atau Danpaspampres.

Penunjukan keduanya menjadi sorotan publik. Sebab, Jenderal Andika merupakan menantu dari Ketua Umum PKPI Hendro Priyono. Sementara Maruli merupakan menantu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid menilai saat ini tidak perlu diributkan lagi atas penunjukan kedua menantu orang dekat Jokowi tersebut. Menurutnya, sekarang adalah waktunya dua pejabat baru itu membuktikan diri meraih posisi tersebut bukan karena faktor kekuatan keluarga, tapi karena potensi dan profesionalitas.

"Jadi sekali lagi buktikan Anda di posisi itu bukan karena faktor KKN, tapi karena Anda mempunyai 'track record berkeunggulan sehingga layak berada di tempat itu," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/11).

Selain itu, dia mengatakan, independensi keduanya juga perlu dibuktikan. Sebabnya, Andhika dan Presiden Joko Widodo telah menegaskan TNI harus netral.

"Biarkan publik merekam sekaligus mengawasi karena kalau sampai polisi, tentara tidak netral itu tidak sesuai dengan prinsip negara hukum dan prinsip negara demokrasi. Mereka harus netral demi kepentingan negara. Bukan untuk kepentingan kelompok tertentu," katanya.

Diketahui, Jenderal Andhika Perkasa didaulat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), dan Brigjen Maruli Simanjutak menjadi Komandan Paspampres (Danpaspampres). Andika merupakan menantu AM Hendropriyono dan Maruli menantu Luhut Binsar Panjaitan.

Dengan promosi sebagai Danpaspampres, Maruli Simanjuntak naik pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) dengan dua bintang di pundaknya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini