PKS jagokan Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri

Rabu, 25 Mei 2016 16:11 Reporter : Dieqy Hasbi Widhana
PKS jagokan Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri Budi Gunawan. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Masa jabatan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti akan segera berakhir. PDIP sudah menyatakan sikap mendukung Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan untuk menggantikan Badrodin sebagai Kapolri.

Sikap serupa juga ditunjukkan PKS. Ketua DPP PKS Aboebakar Al Habsy dengan tegas mendukung Budi Gunawan menjadi Kapolri.

"Siapa calon yang paling layak, yang paling layak ya Budi Gunawan lah. Saya bukan PDIP, saya PKS tapi Budi Gunawan. Siapapun Kapolrinya tetap yang kharismatik ada di Budi Gunawan, percaya omongan saya," kata Aboebakar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/5).

Aboebakar memiliki sejumlah penilaian mengapa Budi Gunawan layak menjadi Kapolri.

"Karena dia paling menguasai dan paling profesional dibandingkan yang lain. Dia masih panjang waktunya, dia profesional, dan pernah terpilih menjadi Kapolri," imbuhnya.

Anggota Komisi III DPR ini menilai, tidak ada dasar hukum yang bisa memperpanjang jabatan Badrodin. Jika perpanjangan menjadi keputusan politik Presiden Jokowi, Aboebakar berharap ada alasan yang tepat dan kuat.

"Kapolri itu urusan politik, yang ngatur itu keinginan presiden. Presiden maunya siapa, itu aja. Saran kita kalau tidak diperpanjang lebih afdhol, itu aja. Kalau diperpanjang ini wewenang presiden, kita nggak bisa berbuat apa-apa. Cuma kita akan tanyakan semoga dasar yang dipakainya jelas," ungkapnya.

Aboebakar menjelaskan, perpanjangan masa jabatan tidak akan baik bagi internal Polri. Menurutnya jika sudah saatnya pensiun, ya harus segera dipensiunkan untuk diganti dengan kader Polri yang lain.

"Kecuali ada keahlian-keahlian khusus dia ahli bom, ahli apa ahli apa yang mungkin dibutuhkan dalam waktu terdekat. Tetapi di Polri itu stok persiapannya banyak, jadi kalau gagal ini ada lagi, gagal satu ada lagi. Cuma presiden mau nya siapa itu problemnya," pungkasnya.

[dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini