PKS: Garuda Layak Diselamatkan, Bongkar Siapa yang Bertanggung Jawab

Rabu, 10 November 2021 14:11 Reporter : Merdeka
PKS: Garuda Layak Diselamatkan, Bongkar Siapa yang Bertanggung Jawab Hari pertama Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Keuangan maskapai Garuda Indonesia babak belur. Bahkan secara teknis sudah disebut bangkrut. Utangnya capai Rp70 triliun. Anggota DPR Fraksi PKS, Mardani Ali Sera menilai, Garuda Indonesia layak untuk diselamatkan. Sebab Garuda Indonesia buka hanya sekadar entitas bisnis, melainkan juga kebanggaan negara.

“Ini perkara besar. Karena Garuda bukan hanya entitas bisnis. Tapi juga etalase negara,” kata Mardani kepada Liputan6.com, Rabu (10/11).

Menurutnya, perlu dilakukan audit untuk membongkar penyebab kehancuran maskapai first class andalan Indonesia ini. Masyarakat berhak tahu siapa dalangnya di balik kasus ini.

Mardani berpendapat, dalangnya layak mendapatkan sanksi hukum.

“Perlu diaudit dan dibongkar apa penyebab kehancuran Garuda. Rakyat perlu tahu dan siapa yang kriminal perlu dihukum. Bantu dengan kejelasan anatomi masalah dan siapa penanggung jawabnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Wakil Menteri BUMN bahkan mengatakan, Garuda Indonesia sebetulnya secara teknikal bangkrut mengingat ekuitas negatif hingga USD 2,8 miliar atau setara dengan Rp 40 triliun.

Bahkan Garuda Indonesia akan memangkas jumlah rute yang diterbangi maskapai dari 237 rute menjadi hanya 140 rute.

Selain mengoptimalkan rute dengan hanya mengoperasikan rute yang menguntungkan, juga menurunkan jumlah pesawat Garuda dan Citilink dari 202 pesawat di 2019 menjadi 134 di 2022 dan 188 di 2026.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Garuda Indonesia
  3. BUMN
  4. PKS
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini