PKB Yakin Jokowi Pilih Calon Kapolri yang Punya Kedekatan, Komjen Listyo Sigit

Senin, 11 Januari 2021 15:51 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
PKB Yakin Jokowi Pilih Calon Kapolri yang Punya Kedekatan, Komjen Listyo Sigit Listyo Sigit Prabowo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid mengungkapkan kriteria calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Salah satu kriterianya adalah kedekatan khusus dengan Presiden Joko Widodo. Sosok tersebut adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kompolnas telah mengirimkan lima nama jenderal bintang tiga untuk dipilih Jokowi menjadi calon Kapolri. Lima nama tersebut yakni, Komjen Pol Gatot Eddy Purnomo, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Boy Rafli Amar, Komjen Pol Arief Sulistyanto, Komjen Pol Agus Andrianto.

"Ya memang dari segi kedekatan pak Komjen Sigit, senioritas enggak lah. Pak Gatot, Pak Boy itu juga lebih senior. Tapi kedekatan itu Pak Sigit," kata Jazilul kepada merdeka.com, Senin (11/1).

Selain kedekatan khusus, calon Kapolri akan dilihat dari segi kompetensi, prestasi, karir dan kepangkatan. Dia menyebut meski 4 calon Kapolri lain lebih senior, faktor kedekatan dengan Jokowi tetap Sigit yang unggul.

"Ada yang macam-macam ditempatkan, tapi saya melihat yang akan jadi salah satu pertimbangannya adalah kedekatan khusus dengan presiden," terang Jazilul.

Waketum PKB itu membenarkan informasi, Presiden Jokowi akan mengirim surat terkait calon Kapolri pada lusa. Hanya satu nama yang akan disetor Presiden ke DPR.

"Satu nama saja dan itu lebih simpel," ujar dia.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan, besok akan digelar rapat internal membahas jadwal persidangan. Salah satu agendanya membahas teknis fit and proper calon Kapolri.

"Besok rapat internal soal jadwal persidangan, tidak menutup kemungkinan sekalian tata cara fit and proper," ujar Herman melalui pesan singkat, Senin (11/1).

Namun, terkait nama calon yang diajukan belum juga terungkap. Meski, belakangan santer nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo akan diajukan ke Istana.

Herman mengatakan, Istana belum juga mengirimkan surat presiden terkait nama calon Kapolri.

"Surpres nama calon belum ada," kata politikus PDIP ini.

Senada, Pimpinan DPR juga menyatakan belum ada surat presiden terkait calon Kapolri yang masuk. Dalam rapat paripurna hari ini, surat presiden yang dibacakan hanya terkait pergantian antar waktu anggota DPR.

"Sampai saat ini kita belum menerima info, tapi tentunya presiden akan menghitung mengenai persyaratan surat harus masuk sebelum batas waktu Kapolri yang sekarang pensiun, itu ada aturannya berapa hari," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Baca Selanjutnya: Rekam Jejak Komjen Listyo Sigit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini