PKB Yakin DPR Menerima Komjen Listyo Sigit jadi Kapolri Baru

Rabu, 13 Januari 2021 13:53 Reporter : Ahda Bayhaqi
PKB Yakin DPR Menerima Komjen Listyo Sigit jadi Kapolri Baru Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo resmi mengusulkan Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKB Jazilul Fawaid menilai sosok Listyo sebagai jenderal polisi yang berprestasi. Dia berharap Listyo mampu membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat.

"Bapak Listyo Sigit Prabowo saya kenal sebagai jenderal polisi yang memiliki prestasi dan secara pribadi orangnya kalem. Mudah-mudahan harapan saya agar Pak Sigit tetap menunjukkan pribadi yang lembut, bijaksana, dan juga berkomunikasi dengan setiap lapisan masyarakat karena dukungan masyarakat itu akan membuat tugasnya lebih ringan," ujar Jazilul kepada wartawan, Rabu (13/1).

Nama Listyo Sigit tidak mengejutkan Jazilul. Dia meyakini DPR akan menerima Listyo sebagai Kapolri baru.

"Saya yakin DPR akan menerima nama calon yang diusulkan oleh Bapak Presiden. Sekali lagi selamat untuk Pak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo," ucapnya.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. DPR akan memproses pengajuan calon Kapolri ini selama 20 hari sejak surat presiden diterima hari ini.

Namun, Istana berharap DPR bisa mempercepat proses tersebut agar segera bisa mendapatkan Kapolri yang definitif. Diketahui, Jenderal Idham Azis yang saat ini menjabat Kapolri akan pensiun pada 1 Februari 2020.

"Pemerintah berharap proses ini ditindaklanjuti secepat-cepatnya. sebagaimana disampaikan ibu Ketua (Puan Maharani) 20 hari kami berharap lebih cepat dari itu sehingga kita memperoleh kapolri definitif," ujar Mensesneg Pratikno dalam kesempatan sama.

Pratikno mengharapkan DPR menyetujui usulan Presiden Joko Widodo menunjuk Listyo sebagai Kapolri baru.

"Tentu saja proses di DPR kami mengharapkan menyetujui apa yang sudah diusulkan bapak presiden," kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) akan dimulai pada Senin atau Selasa pekan depan. Berbeda dengan sebelumnya, Komisi III tidak akan menyambangi kediaman calon Kapolri seperti biasanya karena pandemi Covid-19.

"Betul, Senin atau Selasa sudah fit and proper test," kata Herman kemarin. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini