PKB sebut pertemuan Trump dan Ketua DPR pakai APBN, bikin gaduh

Jumat, 4 September 2015 17:38 Reporter : Marselinus Gual
PKB sebut pertemuan Trump dan Ketua DPR pakai APBN, bikin gaduh Setya Novanto dan Fadli Zon hadiri kampanye Capres Amerika. ©2015 REUTERS/Lucas Jackson

Ada kunjungan pribadi hadir dalam forum politik yang tidak ada hubungannya dengan meningkatkan diplomasi AS-Indonesia, saya kira buang-buang waktu saja


- Muhammad Lukman Edy

Merdeka.com - Politikus PKB Lukman Edy mengkritik keras pertemuan Ketua DPR Setya Novanto dengan capres Amerika Donald Trump. Apalagi, pertemuan dilakukan menggunakan embel-embel Ketua DPR.

Lukman menilai, pertemuan itu menambah daftar panjang kegaduhan yang dibuat oleh pimpinan DPR. Menurut dia, setiap perbuatan yang dilakukan oleh pimpinan DPR disaksikan oleh rakyat. Termasuk polemik karpet merah khusus pimpinan yang dinilai juga bikin gaduh.

"Ini tambahan bagi pimpinan DPR yang hari ini banyak bikin gaduh. Saya kira kita anggota DPR setiap hari mencatat apa yang dilakukan oleh pimpinan DPR, jangan dikira kita tidak catat. Soal karpet merah saja kita cacat," kata Lukman di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (4/9).

Lukman menambahkan, kegaduhan yang kerap dilakukan pimpinan DPR ini ada saatnya nanti diungkap. Hal itu dilakukan sebagai senjata melengserkan pimpinan DPR.

"Tak sampai ke DK DPR. Hanya catatan saja. Kalau ada timingnya, kita bisa keluarkan daftar dosanya. Tapi ini bisa terjadi pergeseran kekuatan DPR ditambah kinerja yang buruk bisa jadi dikocok ulang," imbuhnya.

Lukman menyatakan bahwa pertemuan Donald Trump dengan Setya Novanto dan Fadli Zon negatif. Sebab, kata dia, pertemuan itu dilakukan dengan menggunakan duit APBN.

"Kenapa negatif? Dia ke AS atas biaya APBN untuk pertemuan parlemen. Kalau kemudian di sela perjalanan ada kunjungan pribadi hadir dalam forum politik yang tidak ada hubungannya dengan meningkatkan diplomasi AS-Indonesia, saya kira buang-buang waktu saja," pungkas dia.

Diketahui, delegasi DPR RI memang sedang berada di Amerika Serikat untuk mengikuti sidang PBB. Pertemuan dengan Donald Trump digelar di Trump Tower, Fifth Avenue, New York, Kamis (3/9) kemarin.

Delegasi DPR yang bertemu Trump adalah Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua Komisi VII Satya Yudha. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini