Pipa Air Pembangkit Listrik di Garut Jebol, Diduga akibat Pergerakan Tanah

Selasa, 29 November 2022 13:31 Reporter : Mochammad Iqbal
Pipa Air Pembangkit Listrik di Garut Jebol, Diduga akibat Pergerakan Tanah Bangunan rusak akibat semburan air di PLTM Garut. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) milik PT Tirta Gemah Ripah (GTR) yang berada di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat jebol. Peristiwa ini diduga dipicu pergerakan tanah.

Video jebolnya pipa air tersebut sempat beredar luas di aplikasi perpesanan. Dalam video tersebut, air nampak terlihat keluar menjulang tinggi di tengah-tengah area perkebunan.

Kapolsek Bungbulang Iptu Usep mengatakan bahwa jebolnya pipa air milik PT GTR itu terjadi pada Senin (28/11) siang sekitar pukul 14.00 WIB. Berdasarkan keterangan yang diterimanya dari pegawai, jebolnya pipa tersebut akibat pergerakan tanah.

"Info yang kami terima, karena pipa air itu kan berada di tanah yang labil, kemarin diduga terjadi pergerakan tanah. Saat pergerakan tanah terjadi, pipa tersebut jadi bengkok kemudian bocor dan akhirnya jebol," jelas Usep, Selasa (29/11).

2 dari 3 halaman

Rusak Bangunan

Akibat jebolnya pipa tersebut, air dengan tekanan tinggi sempat menyembur dengan ketinggian mencapai 10 meter. Saat jatuh kembali, air menimpa bangunan yang ada di di sekitarnya.

Air yang jatuh tersebut merusak bangunan milik PT GTR. “Bangunan yang rusak itu adalah powerhouse yang ukurannya sekitar 14x30 meter. Kondisi bangunan atapnya rusak karena tertimpa air yang naik lalu jatuh," jelasnya.

Usep memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu. Saat ini, tidak ada lagi semburan air, karena petugas dari perusahaan langsung melakukan penutupan.

3 dari 3 halaman

Listrik Tidak Padam

Saat ini PLTM yang berada di Kampung Rancateureup, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini untuk sementara tidak memproduksi listrik.

"Sempat beredar informasi kalau listrik di daerah selatan Garut katanya mati, itu tidak benar. Karena kan PLTM ini bukan penyuplai listrik ke warga, tapi ke PLN baru kemudian ke rumah-rumah warga," pungkasnya. [yan]

Baca juga:
Ini 14 Wilayah DKI Jakarta yang Rawan Longsor, Terbanyak di Jaksel
Longsor Sebabkan Rumah Rusak Hingga Jalan Antar Kampung di Kabupaten Tangerang Putus
Tanah Bergerak Sebabkan Rumah Warga Tulungagung Rusak Parah, Begini Kronologinya
Jawa Barat Masuk Wilayah Rawan Pergerakan Tanah, Ini Sebabnya
Dua Desa di Purwakarta Ini Tak Layak Huni, Rawan Pergerakan Tanah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini