Pimpinan Komisi I DPR Minta Kemenlu Bantu Evakuasi 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan

Selasa, 28 Januari 2020 11:08 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Pimpinan Komisi I DPR Minta Kemenlu Bantu Evakuasi 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya sambangi Kemenlu. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri menyambangi kantor Kementerian Luar Negeri. Dia meminta pemerintah terus berkomunikasi dan mengupayakan evakuasi 243 WNI, termasuk 12 mahasiswa Aceh yang terisolasi di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei.

Wuhan menjadi kota awal kemunculan virus corona yang kini tengah merebak. Data terbaru, 106 orang dilaporkan meninggal akibat virus tersebut.

Pertemuan itu juga dihadiri perwakilan dari Badan Penghubung Pemerintah Aceh Jakarta dan Ikatan Mahasiswa Pasca Sarjana (IMPAS) Aceh Jakarta, Muntasir Ramli.

"Kami meminta Kemenlu dan KBRI terus berkomunikasi setiap hari untuk memastikan kondisi kesehatan, kebutuhan logistik dan mengupayakan evakuasi 243 WNI di provinsi yang diisolasi, termasuk 12 Mahasiswa Aceh yang ada di Kota Wuhan," kata Riefky melalui siaran persnya, Selasa (28/1).

Kadis Sosial Aceh Alhudri juga melaporkan langkah-langkah strategis yang telah dilakukan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam mengevakuasi mahasiswa Aceh di Wuhan. Salah satunya mengirimkan bantuan kepada para mahasiswa tersebut.

"Pemerintah Aceh telah mengambil langkah-langkah strategis serta preventif dengan membuka posko penanganan virus corona di dua tempat, di Kantor Dinas Sosial Aceh dan Kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta. Kami juga telah berkomunikasi dengan Kemenlu dan perwakilan mahasiswa asal Aceh secara intensif serta telah mengirim bantuan dana tahap pertama untuk keperluan logistik mereka," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Cara Antisipasi Virus Corona

Sementara, Plt Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah China untuk memantau kondisi para WNI di kawasan Wuhan.

"Pemerintah RI melalui Kemenlu terus memantau dan berkoordinasi dengan Pemerintah China dan Perhimpunan Pelajar Indonesia China terkait pemantauan kondisi WNI di China, khususnya Provinsi Hubei termasuk Kota Wuhan," jelas dia.

Direktur Perlindungan WNI Luar Negri Kemenlu RI, Judha Nugraha mendukung upaya pemerintah Aceh dalam menjaga moril para mahasiswa di Wuhan. Dia menjelaskan virus Corona sebenarnya bisa diantisipasi dengan menjaga kondisi fisik mental tetap sehat, menjaga kebersihan dan asupan makanan.

"Menjaga asupan makanan yang cukup, menjaga kebersihan dan menggunakan peralatan disinfeksi, terjaganya kondisi ketenangan psikologi juga sangat menentukan," terang Judha. [ray]

Baca juga:
Antisipasi Corona, Wagub Kaltim Minta Warga Tidak Bepergian ke China
MUI: Barang-Barang China Dikhawatirkan Bawa Virus Corona
Korban Virus Corona Bertambah, IHSG Diramal Terperosok Masuk Zona Merah
Hadapi Virus Corona, Pemprov DKI Siagakan 3 Rumah Sakit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini