Pimpinan DPR Soal Supres Panglima Belum Masuk: Presiden Punya Pertimbangan Sendiri

Rabu, 15 September 2021 13:30 Reporter : Ahda Bayhaqi
Pimpinan DPR Soal Supres Panglima Belum Masuk: Presiden Punya Pertimbangan Sendiri Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan DPR belum menerima surat Presiden (Supres) terkait nama calon Panglima TNI yang akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Masa jabatan Hadi akan habis November mendatang.

"Sampai saat ini surat yang ditunggu oleh awak media terutama, belum sampai ke DPR dan nanti pertama kita akan beritahu awak media kalau sudah sampai. Sampai hari ini belum ada," ujar Dasco di DPR RI, Rabu (15/9).

Dasco menduga, Presiden Joko Widodo masih punya pertimbangan sebelum menentukan Panglima TNI yang baru. Ia mengingatkan ada batas waktu sebelum pergantian bisa dilakukan. Batas waktu itu adalah waktu pensiun Hadi pada November 2021.

"Presiden mungkin punya pertimbangan sendiri dan sudah ada aturannya bahwa ada limit waktu sebelum pergantian panglima bahwa supresnya harus masuk," ujar Dasco.

Menurut Ketua Harian Gerindra ini, Presiden Jokowi juga tengah menghitung waktu yang tepat untuk mengirimkan nama Panglima. Apalagi sebentar lagi DPR akan memasuki masa reses.

"Mungkin selain pertimbangan sendiri presiden menghitung waktunya. Nanti akan kita tunggu saja kalau sudah sampai awak media pasti dapat beritanya," ujarnya.

Dasco mengaku belum tahu bocoran nama Panglima yang akan dipilih oleh Jokowi. Ia tak ingin mencampuri pilihan Panglima.

"Kalau Presiden masih mencari nama yang tepat, berarti presiden masih mencari bagaimana bocor ke kita. Katanya mungkin belum dapat nama yang tepat, kita tidak dalam posisi mencampuri hak beliau," ujarnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini