Pimpin Sidang Kabinet, Jokowi minta sistem peringatan dini bencana diperhatikan

Selasa, 16 Oktober 2018 15:17 Reporter : Supriatin
Pimpin Sidang Kabinet, Jokowi minta sistem peringatan dini bencana diperhatikan Jokowi gelar sidang kabinet. ©Setpres RI/Laily

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengumpulkan para menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/10). Ini dilakukan dalam rangka Sidang Kabinet Paripurna untuk mengevaluasi penanganan bencana alam di Tanah Air.

Dalam pengantarnya, Jokowi mengingatkan kepada kementerian dan lembaga untuk memperhatikan betul manajemen penanggulangan serta sistem peringatan dini bencana alam. Kementerian dan lembaga juga diminta untuk mengoptimalkan program edukasi kebencanaan kepada masyarakat.

"Saya ingin mengingatkan kepada seluruh kementerian dan lembaga agar sistem peringatan dini, edukasi mengenai kebencanaan, kesiapan manajemen bencana itu betul-betul kita perhatikan di seluruh daerah rawan bencana yang petanya sudah kita tahu semua di mana," kata Jokowi.

Khusus bencana alam Palu, Donggala, dan Sigi di Sulawesi Tengah, Jokowi memerintahkan bawahannya untuk fokus pada evakuasi dan pelayanan medis terhadap korban. Distribusi bantuan logistik juga harus dipastikan teralokasi dengan baik dan merata.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan, kementerian dan lembaga terkait harus memperhatikan betul kebutuhan korban bencana Palu, Donggala, dan Sigi. Terutama mengenai persediaan fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

"Saya masih melihat MCK masih kurang, itu juga segera diselesaikan," tegasnya.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna ini, Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hadir seluruh menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga terkait seperti BMKG, BNPB, dan Basarnas. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi
  2. Gempa Sulawesi Tengah
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini