Pimpin KPK, beranikah Ruki usut tuntas kasus Komjen Budi Gunawan?

Kamis, 26 Februari 2015 08:08 Reporter : Mardani
Pimpin KPK, beranikah Ruki usut tuntas kasus Komjen Budi Gunawan? Plt pimpinan KPK foto bareng di istana. ©2015 Merdeka.com/putri

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga pelaksana tugas (Plt) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (20/2) lalu di Istana Merdeka, Jakarta. Tiga Plt pimpinan KPK itu adalah Taufiqurrahman Ruki, Johan Budi SP dan Indriyanto Seno Adji.

Ketiganya menggantikan Abraham Samad, Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas. Dari tiga Plt pimpinan KPK itu, yang mendapat sorotan lebih publik adalah Taufiqurrahman Ruki.

Ruki bukanlah sosok baru di KPK. Inspektur jenderal purnawirawan polisi ini adalah ketua KPK pertama. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Ruki diharapkan dapat meningkatkan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK.

Selain itu, Ruki juga diharapkan dapat mengharmoniskan hubungan KPK dengan Polri. Seperti diketahui, hubungan KPK dan Polri memanas setelah lembaga anti-korupsi itu menetapkan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komjen Pol Budi Gunawan menjadi tersangka kasus dugaan kepemilikan rekening gendut.

Saat ditetapkan menjadi tersangka, Komjen Pol Budi Gunawan baru saja ditetapkan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri. Setelah penetapan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi tersangka, satu persatu pimpinan KPK dilaporkan ke polisi.

Bahkan dua di antaranya, yakni Abraham Samad dan Bambang Widjojanto telah dijadikan tersangka oleh polisi dalam kasus yang berbeda. Tak puas dengan penetapan tersangka oleh KPK, Komjen Pol Budi Gunawan lantas mengajukan praperadilan yang berujung pada dimenangkannya dirinya oleh majelis hakim.

Situasi yang kian memanas membuat Presiden Jokowi mengambil sebuah keputusan yakni membatalkan pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan dari posisi Kapolri dan memberhentikan sementara Abraham Samad serta Bambang Widjojanto.

Agar tak terjadi kekosongan di KPK, Jokowi lantas memilih Taufiqurrahman Ruki, Johan Budi SP dan Indriyanto Seno Adji, sebagai Plt pimpinan KPK. Ruki lantas dipilih sebagai Plt ketua KPK.

Namun yang menjadi pertanyaan beranikah Ruki mengusut tuntas kasus Komjen Pol Budi Gunawan? [rnd] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini