Pilih Wagub di Tengah Corona, PAN Nilai Pemprov DKI Harus Jalan

Kamis, 26 Maret 2020 08:25 Reporter : Yunita Amalia
Pilih Wagub di Tengah Corona, PAN Nilai Pemprov DKI Harus Jalan DPRD DKI Jakarta Sahkan Tata Tertib Pemilihan Calon Wakil Gubernur DKI. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - DPRD menggelar rapat badan musyawarah hari ini untuk pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Keesokan harinya, DPRD akan melaksanakan pemilihan Wagub DKI pengganti Sandiaga Uno. Padahal pemerintah pusat dan daerah sedang gencar kampanye social distancing untuk cegah Corona.

Wakil Ketua DPRD Zita Anjani mengatakan, pemilihan Wagub patut dilaksanakan dalam waktu dekat tanpa adanya kembali penundaan. Alasannya, Gubernur DKI Anies Baswedan perlu rekan kerja saat menanggulangi penyebaran virus Corona di Jakarta yang semakin meningkat jumlahnya.

"Pemerintahan harus jalan. Pak gubernur perlu Wakil, terlebih lagi saat ini lebih dibutuhkan lagi," kata Zita, Kamis (26/3).

Politikus PAN itu menyadari pemilihan Wagub di kondisi saat ini menimbulkan kritik. Namun, jika pemilihan terus ditunda hal itu tidak cukup baik bagi pemerintahan DKI.

Lagi pula, imbuh Zita, pemilihan Wagub tidak seperti acara pesta, yang mana para hadirin saling kontak fisik. DPRD, kata Zita, paham mengenai kondisi saat ini hingga protokol pencegahan penyebaran virus telah disiapkan dengan baik.

"PAN kompak, insyaallah mendukung proses ini diadakan secepat-cepatnya. Kalau memang pada akhirnya harus memilih, buat apa tunda-tunda," tukasnya.

1 dari 1 halaman

PDIP Minta Ditunda

Berbeda dengan PAN, Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta mengusulkan pemilihan wakil Gubernur DKI diundur menjadi tanggal 5 April.

"Fraksi PDI Perjuangan mengusulkan pemilihan Wakil Gubernur tanggal 5 April," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (25/3).

Hal tersebut, kata Gembong, juga sesuai dengan himbauan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan agar warga Ibu kota bekerja dan belajar di rumah. Dia harap fraksi lain sepakat pemilihan Wagub diundur.

"Mudah-mudahan fraksi-fraksi lain sepakat," ucapnya.

Menurut Gembong, dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas. Dia menyebut, Kapolri Idham Azis juga telah mengeluarkan seruan. [rnd]

Baca juga:
PDIP Usul Pemilihan Wagub DKI Diundur 5 April
Tak Ada Anggota Kena Corona, DPRD Jakarta Ngotot Agendakan Pemilihan Wagub
Dua Cawagub DKI Optimis Proses Voting Sesuai Jadwal
Dampak Covid-19, Pemilihan Wagub DKI Ditunda
Dua Cawagub DKI Jalani Wawancara Tertutup dengan Panlih, Pemilihan Digelar 23 Maret
Ada Wabah Corona, NasDem Setuju Jika Pemilihan Wagub DKI Ditunda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini