Pihak Panitia: Kerumunan Massa di Pernikahan Anak Habib Rizieq di Luar Prediksi

Rabu, 18 November 2020 12:41 Reporter : Bachtiarudin Alam
Pihak Panitia: Kerumunan Massa di Pernikahan Anak Habib Rizieq di Luar Prediksi Ketua Panitia Acara Pernikahan Puteri Habib Rizieq Penuhi Panggilan Polisi. ©2020 Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar di Polda Metro Jaya

Merdeka.com - Ketua Panitia acara akad nikah putri Habib Rizieq Shihab dan Maulid Nabi, Haris Ubaidillah memenuhi panggilan Penyidik Polda Metro Jaya untuk diminta klarifikasi terkait acara tersebut.
Pernikahan putri Habib Rizieq diduga melanggar protokol kesehatan. Sejumlah orang pun turut dipanggil, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kita tim kuasa hukum dari bantuan hukum Front DPP FPI dampingi Ustaz Haris Ubaidillah sebagaimana surat panggilan yang sudah dilampirkan pada kuasa," ujar Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (18/11).

Aziz menjelaskan, jika pemanggilan terhadap Haris Ubaidillah bukan dalam rangka pemeriksaan, melainkan untuk dimintai klarifikasinya selaku Ketua Panitia pada acara tersebut.

"Saya jelaskan kalau ini klarifikasi, bukan pemeriksaan. Sementara tadi kita koordinasi dengan penyidik, sementara baru Ustaz Haris sebagai Ketua Panitia acara Maulid malam ahad yang lalu dan juga sekaligus acara akad nikah. Bukan resepsi pernikahannya," katanya.

Menurutnya, acara yang telah berlangsung dan menimbulkan kerumunan orang di luar prediksi. Lantaran dari pihak panitia sebenarnya telah melakukan beragam upaya mitigasi untuk penerapan protokol kesehatan.

"Pertama, memohon penutupan jalan, penggunaan jalan umum itu panjang, artinya kita harapkan massa itu menyebar. Kemudian ke titik tertentu kita sediakan tempat cuci tangan yang disebar, kita juga sediakan banyak masker dari donatur dan pihak internal juga. Kemudian handsanitizer kita sediakan, protokol kesehatan terus kita umumkan 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan mengenakan masker," jelasnya.

"Kesulitan itu terjadi ketika hari H-nya, karena kita tidak menyangka massanya begitu besar. Karena kita anggap ya euforianya sudah lewat. Jadi prediksi kita, meleset (terkait kerumunan) itu di luar prediksi kita begitu," sambungnya.

Sekadar informasi bahwa pelaksanaan pemanggilan terhadap Ketua Panitia acara akad nikah putri Habib Rizieq Syihab dan Maulid Nabi, Haris Ubaidillah telah melalui rapid test dan dinyatakan non reaktif.

"Sudah, sudah masuk. Habis dites barusan langsung masuk untuk menjalani pemeriksaan awal," katanya

Baca Selanjutnya: Panitia dan Tamu Diperiksa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini