Piala Adipura Kencana & Adiwiyata Mandiri diarak di Kota Malang

Jumat, 4 Agustus 2017 06:46 Reporter : Darmadi Sasongko
Piala Adipura Kencana & Adiwiyata Mandiri diarak di Kota Malang Wali Kota Malang pamer Adipura Kencana. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Malang mengarak keliling kota memamerkan thropy Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri. Dua penghargaan bidang Lingkungan Hidup tersebut diarak empat kereta kencana dan becak hias menuju ke Balai Kota Malang.

Abah Anton, demikian biasa dipanggil, selain memamerkan Piala Adipura Kencana dan 3 Piala Adiwiyata Mandiri juga menyertakan sejumlah piala yang diraih selama periodenya. Beberapa piala tersebut di antaranya Piala Kota Layak Anak (KLA), Plakat Percepatan Akta Anak dan piagam Kepala Daerah Inspiratif.

Puluhan becak hias mengiringi dengan nuansa icon Kota Malang seperti City Branding Beautiful Malang, Maskot Osidanji, Malang Go Green, Malang Green School, dan Kampung-Kampung Tematik.

Tidak lupa pasukan kuning, polisi taman, pasukan hijau, pasukan pengawas ketertiban (Wastib), Kader Lingkungan mengiringi kirab. Masyarakat umum juga berjajar di sepanjang rute menuju Balaikota.

Rute kirab dimulai sekitar pukul 14.00 Wib dari rumah dinas Walikota Kota di Jalan Ijen Nomor 2, melewati Jalan Sindoro (Taman Slamet), Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Lingkar Tugu dan finish di Balaikota.

Wali Kota Malang, Moch Anton mengatakan, keberhasilan meraih sejumlah prestasi tersebut tidak lepas dari peran serta dan dukungan seluruh komponen masyarakat. Pihaknya meminta seluruh elemen agar terus merekatkan tali persatuan dan menjaga sinergitas demi tercapainya tujuan pembangunan.

"Terima kasih atas partisipasi dan kerjasama semua elemen sehingga Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri bisa diraih," kata Abah Anton, Kamis (4/8).

Kota Malang, katanya, sudah banyak mengalami perubahan signifikan baik infrastruktur, sumber daya manusia hingga mentalitas masyarakatnya. Terbukti dengan hadirnya berbagai kampung tematik yang merupakan hasil inisiatif dan inovasi warga.

Abah meminta segenap jajaran untuk menjadikan prestasi tersebut sebagai pelecut semangat untuk berinovasi demi tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Lewat kirab kali ini dapat semakin memotivasi masyarakat agar terus meningkatkan kepeduliannya kepada lingkungan, agar masyarakat juga dapat berbangga hati atas piala Adipura Kencana dan prestasi lainnya," tambahnya.

Usai dikirab, piala tersebut diserahkan kepada Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono. Khusus Adipura Kencana disemayamkan sesaat di Balaikota dan sempat menjadi rebutan untuk berswafoto.

Sementara Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono menegaskan, penghargaan Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri menjadi kebanggaan masyarakat. Prestasi tersebut menjadi salah satu ukuran yang kerja keras pemerintah dan masyarakat Kota Malang.

"Ini menunjukkan jika Pemkot Malang sudah bekerja dengan maksimal dan hal itu juga tidak lepas dari dukungan masyarakat," kata Arief.

Kota Malang meraih Adipura Kencana, Adiwiyata Mandiri, Kota Layak Anak (KLA), serta Kepala Daerah Inovatif (KDI). Adiwiyata Mandiri diterimakan kepada SMPN 15, SMAN 2 dan SMAN 7. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Piala Adipura
  3. Adipura
  4. Malang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini