Petugas PPS di Bekasi Banyak Tak Paham Teknis Nyoblos Tanpa C6 Pemilu 2019

Rabu, 17 April 2019 10:38 Reporter : Adi Nugroho
Petugas PPS di Bekasi Banyak Tak Paham Teknis Nyoblos Tanpa C6 Pemilu 2019 Simulasi pencoblosan Pemilu 2019. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Panitia Pemungutan Suara di sejumlah tempat pemungutan suara di Kota Bekasi, Jawa Barat dinilai tak memahami teknis pencoblosan tanpa membawa formulir C6 atau undangan mencoblos.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, di TPS 21 Pengasinan, Rawalumbu, petugas registrasi buru-buru menolak pendaftar yang menggunakan KTP Elektronik. Padahal, pendaftar itu masuk di dalam DPT di TPS tersebut.

"Kalau pakai KTP jadwalnya jam 12 siang, tidak bisa sekarang karena aturannya seperti itu," ujar petugas di sana.

Sempat terjadi kegaduhan di TPS antara calon pemilih yang sudah terdaftar di DPT tapi tak memiliki C6. Pengurus RT setempat akhirnya menenangkan dan menerima pemilih tanpa C6 untuk menggunakan hak pilih di bawah pukul 12.00 WIB.

Di TPS 19 juga demikian. Petugas registrasi sampai panitia pengawas buru-buru menolak pendaftar tanpa C6 meski telah terdaftar di DPT TPS tersebut.

"Aturannya memang seperti itu, karena syarat utama mencoblos adalah C6," ujar petugas Panwascam.

Ketua KPPS TPS 19 segera turun tangan. Ia meminta petugas pendaftar menerima calon pemilih tanpa C6 dengan syarat telah terdaftar di dalam DPT. "Bisa mencoblos sejak awal, tidak harus pukul 12.00," kata dia.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni memastikan kalau sudah terdaftar di dalam DPT tapi tak mendapatkan C6 tidak harus menunggu pukul 12.00. "Asal membawa KTP bisa mencoblos kapan pun selama belum ditutup," kata Nurul. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2019
  2. Pilpres 2019
  3. Bekasi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini