Petugas Pemilu di Jateng Meninggal Bertambah Jadi 33 Orang, 249 Sakit

Kamis, 25 April 2019 12:14 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Petugas Pemilu di Jateng Meninggal Bertambah Jadi 33 Orang, 249 Sakit Petugas KPPS meninggal. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng memastikan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dalam bertugas bertambah menjadi 33 orang. Mereka meninggal akibat kelelahan hingga sakit.

"Total 33 orang di Jawa Tengah petugas KPPS yang meninggal, sedangkan 249 orang yang sakit karena kelelahan. Itu sudah termasuk di Kota Semarang," kata Ketua KPU Jateng Ikhwanudin, Kamis (25/4).

Menurut Ikhwanuddin, tidak menutup kemungkinan jumah tersebut bisa bertambah. Hingga kini KPU masih mengumpulkan data dari semua wilayah di Jateng.

"Riwayat medis, kalau itu dokter yang punya. Kita masih mendata, data itu bisa bertambah," ujarnya.

Ikhwanudin menyebut 33 petugas meninggal lantaran kelelahan. Mereka berasal dari berbagai TPS di 21 kabupaten kota.

"Kabupaten Banyumas 3 orang, Purbalingga 2 orang, Karanganyar 4 orang, Banjarnegara 2 orang, Grobogan 3 orang, Demak 3 orang, Brebes 2 orang, satu orang ada di Kabupaten Wonosobo, Magelang, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Rembang, Kudus, Jepara, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Kabupaten Semarang, dan Kota Semarang satu orang," jelasnya.

Pihak KPU masih membahas soal santunan kepada ahli waris petugas yang meninggal. Mereka memperkirakan nominalnya Rp 36 juta dan kini masih dibahas dengan Kementerian Keuangan.

"Santunan sedang dirapatkan dengan Kemenkeu di pusat. Tapi dari solidaritas KPU ada dari dana pribadi, dana sosial," tuturnya.

Di Semarang sendiri petugas KPPS Bambang Saptono (52) meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di RSUP dr Kariadi Semarang. Ia meninggal karena diduga kelelahan.

Menurut keterangan Ketua KPPS 12 Barusari, Basuki Suwandani, saat bertugas Saptono memang sempat mengeluh sakit lambung.

"Jadi beliau sempat ngeluh sakit lambungnya, raut mukanya pucat, dan matanya kekuningan," kata Basuki Suwandani . [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Petugas KPPS Meninggal
  3. Semarang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini