Petugas KPPS di Musi Banyuasin Meninggal karena Ditabrak Babi Hutan

Rabu, 24 April 2019 08:17 Reporter : Liputan6.com
Petugas KPPS di Musi Banyuasin Meninggal karena Ditabrak Babi Hutan Babi hutan di Hong Kong. ©AFP/ANTHONY WALLACE

Merdeka.com - Kabar duka menyelimuti tim Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel). Yanto (30), warga Kabupaten Muba, meninggal dunia saat menjalankan tugasnya sebagai petugas KPPS Desa Tanjung Dalam Kecamatan Keluang Kabupaten Muba Sumsel.

Pada hari Kamis (18/4), Yanto bersama anggota KPPS lainnya mengantar surat suara ke kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Keluang.

Usai pulang mengantar surat suara, Yanto pulang ke rumahnya menggunakan sepeda motor. Saat melewati jalan desa di kawasan hutan, kendaraan Yanto ditabrak babi hutan. Yanto tersungkur dan tak sadarkan diri.

Saat itu Yanto tidak didampingi anggota KPPS lainnya alias sendirian. Kondisi jalan yang gelap dan sudah larut malam, diduga membuat Yanto tidak melihat adanya babi hutan yang lewat. Beberapa warga yang melintas di kawasan tersebut, membawa Yanto ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Di perjalanan menuju ke sana (fasilitas kesehatan), Yanto meninggal dunia. Jalan yang dilalui Yanto memang kawasan hutan dan katanya banyak babi hutan di sana," ujar Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi.

KPU Sumsel telah mendata ada 9 orang petugas KPPS di Sumsel yang meninggal dunia. Petugas yang meninggal dunia kebanyakan mengalami kondisi penurunan daya tahan tubuh.

"Ada dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sebanyak 1 orang, 2 orang dari Kabupaten Banyuasin, 2 orang dari OKU Timur," ujarnya.

Lalu dari dari Ogan Komering Ulu (OKU) sebanyak 1 orang, di Kabupaten Musi Banyuasin ada 1 orang dan 1 orang dari Kota Palembang.

Nama-nama petugas KPPS Sumsel yang meninggal dunia yaitu Fahrul (50) yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kabupaten OKU, Tutik Hidayati (42) di KPPS Desa Suka Mulya OKI.

Ada juga anggota KPPS 06 Desa Anyar Kecamatan BP Bangsaraja OKU Timur yaitu Syarifudin (39) dan Arman (42), Ketua KPPS 07 Gunung Jati Kecamatan Cempaka OKU Timur.

Lalu, Yanto (30) yang merupakan anggota PPS Desa Tanjung Dalam Kecamatan Keluang Musi Banyuasin dan Ganjar, Ketua PPS Desa Maju Ria Kecamatan Karang Agung Kabupaten Banyuasin.

"Di TPS 14 Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin yaitu Untung Imansyah, Midy Gusti yang menjabat sebagai Ketua KPPS Desa Gunung Batu OKU Timur dan anggota KPPS Kota Palembang, Slamet Riyadi," katanya.

Mereka sudah mengajukan ke KPU agar keluarga petugas yang meninggal dunia dalam mengemban tugas sebagai KPPS tersebut bisa mendapatkan santunan.

KPU Sumsel terus menghimbau kepada seluruh petugas Pemilu di Sumsel, agar bisa meluangkan waktu untuk beristirahat. Sehingga jumlah petugas KPPS yang mengalami penurunan kondisi tubuh dan meninggal dunia tidak bertambah lagi. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini