Petugas Damkar Serba Bisa, Evakuasi Gigi Palsu hingga Lepas Cincin di Kelamin

Kamis, 30 Juni 2022 09:42 Reporter : Ya'cob Billiocta
Petugas Damkar Serba Bisa, Evakuasi Gigi Palsu hingga Lepas Cincin di Kelamin Aksi Heroik Damkar Evakuasi Gigi Palsu dari Saluran Pembuangan di Jaktim. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) menjadi unsur pelaksana pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, pemadaman kebakaran serta penanganan bahan berbahaya serta beracun di suatu daerah.

Dikutip dari berbagai sumber, petugas Damkar dilengkapi dengan alat dan kendaraan yang dikhususkan untuk menangani bencana kebakaran.

Selain itu, Damkar juga memiliki tugas melakukan inspeksi peralatan proteksi kebakaran pada bangunan, investigasi kejadian kebakaran hingga pemberdayaan masyarakat dalam mencegah kebakaran.

Dalam menjalankan tugas, kendaraan Damkar juga masuk dalam prioritas tujuh jenis kendaraan di jalan raya. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Namun selain bertugas mengatasi kebakaran, dalam praktiknya petugas Damkar juga sering diminta tolong warga untuk membantu mengatasi berbagai kasus. Berikut ulasan merdeka.com:

2 dari 5 halaman

Damkar Selamatkan HP Tercebur Got

Belum lama ini viral video yang memperlihatkan aksi petugas Damkar saat menolong warga yang handphonenya terjatuh di saluran air.

Kejadian itu dibagikan oleh akun instagram @humasjakfire pada Sabtu (12/3) lalu. Petugas pemadam kebakaran Kecamatan Palmerah berhasil mengevakuasi handphone salah saru warga yang tercebur ke gorong-gorong.

Dalam unggahan tersebut, terlihat petugas begitu semangat menjalankan aksi mulia itu walaupun kondisi tengah hujan deras. Aksinya kemudian diapresiasi warganet.

Dalam video itu, tampak petugas berusaha membuka beton penutup got di tengah kondisi hujan deras. Mereka terlihat menggunakan berbagai alat bantu seperti linggis dan besi.

Lokasi kejadian sendiri berada di Jalan Palmerah Barat, Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat.

Meski tubuh mereka basah kuyup, kondisi itu tidak menghalangi semangat para petugas untuk membantu warga yang tengah kesulitan. Disebutkan di unggahan, petugas yang terjun sebanyak lima orang.

"Satu unit light rescue dengan lima orang personel dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi. Petugas melakukan evakuasi dengan cara membuka penutup saluran air yang terbuat dari beton," tulis akun tersebut.

Proses evakuasi sendiri berjalan selama 30 menit. Salah seorang petugas akhirnya berhasil mengambil handphone tersebut.

3 dari 5 halaman

Selamatkan Kucing Tersangkut di Pohon

Di Jakarta Timur, pernah petugas Damkar mengevakuasi seekor kucing yang tersangkut di atas pohon setinggi tiga meter. Kucing berwarna putih bercorak abu-abu itu dilaporkan pemiliknya tersangkut di atas pohon di jalan Tegalan 1 RT 01 RW 04, PAL Meriam, Matraman, Jakarta Timur, sekitar pukul 21.58 Wib, Sabtu (5/2).

"Objek kucing pemiliknya Bu Lina, berada di atas pohon dengan ketinggian kurang lebih tiga meter," kata Danton Grup C, Sudin Damkar Jaktim, Harry Purwanto dalam keterangannya, Minggu (6/2).

Proses evakuasi berjalan lancar setelah satu unit pressure sektor satu Matraman meluncur dengan empat personel. Proses evakuasi berjalan sekitar 15 menit. Petugas memakai tangga yang menjulang sampai ke titik lokasi tersangkutnya dibantu lampu sorot. Petugas Damkar berhasil membawa turun kucing dengan selamat.

"Menurut pelapor ada orang yang melempar kucing ke atas pohon dan tidak bisa turun. Kejadian dari habis Maghrib sampai pukul 21.50 WIB. Kemudian ibu Lina merasa kasihan dan melapor ke Sudin Damkar Jakarta Timur," kata Harry.

4 dari 5 halaman

Evakuasi Gigi Palsu

Petugas Damkar pernah membantu mengambilkan gigi palsu warga yang jatuh ke saluran pembuangan air. Aksi heroik ini berawal saat Desi yang beralamat di Jalan Kayu Jati 5, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung sikat gigi seusai melaksanakan salat Subuh.

"Ketika sedang sikat gigi sewaktu habis salat Subuh, lalu gigi palsu copot dan masuk ke saluran pembuangan kamar mandi kedalaman kurang lebih 60 sentimeter," kata Kasi PB Humas Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman dalam keterangannya, Sabtu (22/1).

Gigi palsu milik Desi bisa dievakuasi setelah Damkar Jakarta Timur mengerahkan empat personel ke lokasi itu.

"Empat Personel. Awal evakuasi pukul 08.03 WIB dan akhir evakuasi pukul 08.46 WIB," ujarnya.

Sementara itu, suami dari Desi pun mengucapkan terima kasihnya kepada petugas Damkar yang sudah menolong untuk mengambil gigi palsu istrinya.

"Terima kasih kepada Damkar Pulogadung, yang telah membantu saya untuk mengambil gigi palsu istri saya yang jatuh ke selokan," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Lepas Cincin dari Kemaluan

Seorang pria di Kabupaten Cilacap harus menahan sakit setelah kemaluannya membengkak karena ada cincin yang menyangkut di alat vitalnya selama empat hari. Benda itu akhirnya bisa dilepaskan dengan bantuan petugas Damkar.

Petugas Damkar Wanareja, Kabupaten Cilacap, butuh waktu satu jam untuk melepas cincin dua lapis yang menyangkut di alat vital RS (30), warga Saung Luhur, Limbangan, Kecamatan Wanareja. Operasi penyelamatan itu berlangsung dramatis dan menggunakan gerinda.

"Kondisinya alat kelamin keadaan lecet, bengkak karena sudah empat hari cincin itu bersarang pangkal alat vital. Diduga itu darah yang mengalir terhambat hingga korban susah untuk jalan," kata anggota Damkar Wanareja Kabupaten Cilacap, Slamet saat dikonfirmasi, Rabu (29/6).

Dia mengatakan, RS mengaku sudah ke RSUD Majenang. Tetapi pihak rumah sakit itu menyatakan tidak sanggup menangani dan merekomendasikannya untuk pergi ke rumah sakit lain yang peralatannya lebih lengkap.

Karena keluarga tidak tega melihat korban kesakitan, mereka akhirnya melapor ke posko Damkar Wanareja, Selasa (28/6).

"Adik korban meminta bantuan ke petugas Damkar. Petugas langsung menuju lokasi rumah korban lakukan evakuasi," ungkapnya.

Sesampainya di lokasi petugas Damkar berusaha mengarahkan korban duduk di kursi. Petugas yang sudah menyiapkan alat berhati-hati saat memotong cincin menggunakan alat gerinda modern.

"Kita gerinda pelan-pelan, lambat laun balutan cincin lepas. Jadi ketika korban merasa sakit mungkin kepanasan kita berhenti dulu berkali-kali. Alhamdulilah sejam kita bisa atasi," jelasnya. [cob]

Baca juga:
Rumah Sakit Menyerah, Petugas Damkar Mampu Lepas Cincin dari Alat Vital Warga Cilacap
Melihat Pelatihan Penanggulangan Kebakaran di Lingkungan Kejaksaan Agung
Detik-Detik Petugas Damkar Lepas Ring Besi di Kelamin Warga Pakai Gerinda
Ring Besi Sangkut di Alat Vital Pria Tangerang, Tim Damkar Terpaksa Gunakan Gerinda
Tujuh Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Terbakar
Bus Kebakaran Saat Parkir, Meski Rugi Jawaban Owner PO Haryanto Bijak Banget

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini