Petugas Bandara SIM Bongkar Paket Onderdil Mobil, 12 Kg Ganja Gagal Dikirim ke Bogor

Kamis, 30 Juni 2022 01:00 Reporter : Alfath Asmunda
Petugas Bandara SIM Bongkar Paket Onderdil Mobil, 12 Kg Ganja Gagal Dikirim ke Bogor Ilustrasi ganja kering. ©2017 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Pengiriman 12 kg ganja dari Banda Aceh ke Bogor digagalkan petugas Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar. Pengirim paket itu kemudian ditangkap polisi.

Kasatresnarkoba Polresta Banda Aceh Kompol Tendri Wardi mengatakan, pelaku berinisial U (32), warga Kabupaten Pidie. Polisi butuh waktu sekitar 2 bulan untuk menangkap pria itu.

U disebut mengirim 12 kilogram ganja melalui salah satu perusahaan jasa pengiriman pada Jumat 28 April 2022. "Ganja ini rencananya akan dikirim pelaku ke Bogor, Jawa Barat," kata Tendri, Rabu (29/6).

Saat barang tiba di terminal kargo bandara, petugas di sana mencurigai paket yang disebut berisi suku cadang mobil. Petugas lantas membukanya dan menemukan 12 kilogram ganja kering.

2 dari 2 halaman

Pelaku Terancam 12 Tahun Penjara

Temuan itu dilaporkan ke Polsek Kutabaro yang meneruskannya ke Satresnarkoba Polresta Banda Aceh untuk penyelidikan lebih lanjut. Dua bulan setelah temuan itu, pelaku ditangkap saat berada di rumahnya.

"Waktu kami melakukan penggeledahan di dalam rumah, tidak ditemukan barang bukti lain. Tapi dia mengakui yang mengirim ganja itu adalah dia," ujar Tendri.

Pelaku kini diamankan di Polresta Banda Aceh. Dia dijerat dengan Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara. [yan]

Baca juga:
Polri: Melegalkan Ganja Harus Persetujuan Menkes atas Rekomendasi BPOM
DPR Minta Kajian Legalisasi Ganja Medis Libatkan Nakes dan Psikolog
Komisi III DPR Bakal Gelar Rapat Dengar Pendapat Soal Manfaat dan Mudarat Ganja Medis
Ma'ruf Amin Minta MUI Bikin Fatwa Ganja Boleh untuk Medis
Pemerintah akan Legalkan Ganja untuk Medis Jika Positifnya Lebih Banyak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini