Petik Bunga Kayu Panjang Umur, 10 Pendaki Gunung Dempo Di-blacklist 3 Tahun

Selasa, 19 Januari 2021 19:00 Reporter : Irwanto
Petik Bunga Kayu Panjang Umur, 10 Pendaki Gunung Dempo Di-blacklist 3 Tahun 10 pendaki Gunung Dempo di-blacklist 3 tahun. ©2021 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Setelah melarang 11 orang mendaki Gunung Dempo Pagaralam, Sumatera Selatan, selama dua tahun, kini ada sepuluh pendaki lagi yang bernasib sama. Mereka bahkan dilarang mendaki gunung api aktif itu selama tiga tahun.

10 pemuda tersebut dengan rincian tiga perempuan dan tujuh laki-laki. Yakni berinisial AR, VV, RL, KR, FS, PS, PY, dan DH yang berasal dari Empat Lawang, AZ dari Lubuklinggau, serta MF asal Palembang.

Ketua Balai Registrasi Gunung Dempo (BRIGADE) Pagaralam Arindi AR mengungkapkan, banyak pelanggaran yang dilakukan ke sepuluh pendaki. Diantaranya memetik bunga Kayu Panjang Umur yang merupakan tanaman endemik Gunung Dempo dan dilindungi undang-undang.

Aksi mereka diketahui saat tim bermaksud menolong salah satu rombongan yang mengalami kesurupan di jalur Pintu Rimba pada 10 Januari 2021. Petugas dibuat kaget karena menemukan sekantong bunya Kayu Panjang Umur yang baru saja mereka petik.

"Mereka melakukan pelanggaran karena memetik bunga yang dilindungi undang-undang. Kami ketahui saat menolong salah satu rombongan yang kesurupan," ungkap Arindi, Selasa (19/1).

Kemudian, mereka juga melakukan pelanggaran berupa jumlah sampah yang dibawa tak sesuai dengan barang bawaan saat registrasi. Hal itu menyebabkan sampah berserakan di puncak gunung.

"Itu pelanggaran yang tak bisa ditolerir," ujarnya.

Selain itu, salah seorang pendaki juga ngotot mendaki dalam kondisi menstruasi. Akibatnya, anggota rombongan itu beberapa kali mengalami kesurupan.

"Sudah kami larang naik tapi secara diam-diam atau ilegal tetap mendaki," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya memutuskan memblacklist 10 pendaki tersebut naik ke Gunung Dempo selama tiga tahun. Keputusan ini berlaku sejak 14 Januari 2021 hingga 14 Januari 2024.

"Mereka masuk dalam daftar hitam kami dan dilarang mendaki ke Gunung Dempo selama tiga tahun," tegasnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini