Pesan Kebangsaan Mendagri Tito saat Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Papua

Sabtu, 13 Agustus 2022 16:02 Reporter : Richard Jakson Mayor
Pesan Kebangsaan Mendagri Tito saat Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Papua Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkunjung ke DOB Papua Selatan. antara

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian Jumat pagi mengunjungi Kabupaten tertimur di Indonesia, Merauke. kunjungan mantan Kapolri tersebut untuk membagikan 10 juta bendera merah putih bagi warga Papua.

"Gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Sabang sampai Merauke ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air," ujar Mendagri di Merauke, Jumat (12/8).

Menurut Mendagri, gerakan pembagian 10 juta bendera dilaksanakan serentak di tiga wilayah.

"Kabupaten Merauke mewakili wilayah Indonesia Timur di Indonesia Tengah digelar di Surabaya dan Indonesia Barat di Kota Banda Aceh," Ungkap Tito.

Tito Karnavian mengaku bangga dengan kegiatan ini karena mendapat sambutan yang sangat baik dari seluruh masyarakat Papua di wilayah Papua Selatan.

"Saya merasa bangga karena acara ini dilaksanakan di depan gedung kantor bupati Merauke, saya juga sudah melihat video bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Bapak Bupati Merauke dalam rangka untuk menggelorakan pembagian 10 juta bendera merah putih se-indonesia," ujarnya.

Lanjut Tito, "Beberapa hari lagi kita akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang ke-77 dan sebagaimana biasanya kita melaksanakan upacara sebagai bentuk rasa nasionalisme, patriotisme sebagai anak Indonesia, " katanya.

Dirinya pun mengajak seluruh masyarakat Papua untuk merayakan HUT kemerdekaan ke 77 dengan hikmat dan memaknai arti perjuangan pahlawan dengan mengisi kemerdekaan lewat hal yang positif.

Sementata itu, Gubernur Papua yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah pusat karena telah memilih Merauke sebagai tempat pertama pembagian 10 juta bendera merah putih.

Rudean berharap, pembagian bendera merah putih ini tidak hanya berlangsung secara seremonial saja namun dimaknakan sebagai momentum memupuk rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia.

"Nantinya bendera merah putih akan di pasang di seluruh instansi pemerintah kantor-kantor,sekolah, tempat umum,rumah dan tempat strategis lainnya selama bulan kemerdekaan," kata Sekda Ridwan.

Dia menambahkan dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI telah mendorong pemerintah untuk mengusung tema, "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" ternyata juga memberikan kekuatan dan semangat bagi pemerintah provinsi Papua guna mewujudkan visi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera yang berkeadilan.

"Kami berharap dengan semangat persatuan Indonesia, yakin akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang mandiri, berdaulat dan berkepribadian," katanya. [rhm]

Baca juga:
HUT Ke-77 RI, Warga Musi Banyuasin Bentangkan Bendera Sepanjang 177 Meter di Sungai
Bagikan Belasan Ribu Bendera Gratis, Bupati Banyuwangi Berdayakan Penjahit Kampung
Geliat Penjualan Pernak-Pernik HUT RI Kembali Bangkit
Jelang 17 Agustus, Pedagang Bendera Musiman Bermunculan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini